Voli Pantai: Peraturan dan Perbedaan dengan Voli Biasa

Voli pantai adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari dua pemain. Olahraga ini dimainkan di atas permukaan pasir di ruangan terbuka. Seperti halnya voli dalam ruangan, tujuan olahraga ini adalah untuk menembakkan bola ke atas net dan untuk mendaratkannya di atas area lapangan lawan.

Voli pantai pertama kali dimainkan di Waikiki, Hawaii, pada tahun 1915. Namun, versi dua pemain voli pantai disebutkan berasal dari daerah Santa Monica di California. Kini voli pantai telah berkembang menjadi salah satu olahraga rekreasi dan kompetitif paling populer di dunia.

Voli pantai telah menjadi bagian dari Olimpiade sejak tahun 1996. Badan yang mengurus olahraga ini sama dengan voli biasa, yaitu FIVB (Fédération Internationale de Volleyball).

Peraturan Voli Pantai

FIVB telah mengeluarkan aturan-aturan baku terkait bagaimana olahraga voli pantai dimainkan.

Area Permainan

Voli pantai dimainkan di atas lapangan persegi panjang berukuran 16 x 8 m, dikelilingi oleh zona bebas dengan lebar minimal 3 m pada semua sisinya. Area permainan juga harus memiliki ruang di atas lapangan permainan yang bebas dari segala halangan. Ruang ini harus berukuran minimal 7 m dari permukaan lapangan.

Permukaan lapangan voli pantai harus terdiri dari pasir yang rata, sedatar dan seragam mungkin, bebas dari batu, kerang dan apapun yang dapat menimbulkan risiko luka atau cedera pada pemain. Selain itu, keadaan cuaca juga dipertimbangkan (tidak boleh menimbulkan cedera bagi pemain).

Net dan Tiang

Net atau jaring ditempatkan secara vertikal di tengah lapangan dengan ketinggian 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri. Selain itu, ketinggian net juga dapat bervariasi sesuai umur pemain:

  • 16 tahun atau di bawahnya: 2,24 m (putra dan putri)
  • 14 tahun atau di bawahnya: 2,12 m (putra dan putri)
  • 12 tahun atau di bawahnya: 2,00 m (putra dan putri)

Net memiliki panjang 8,5 m dan lebar 1 m (+/- 3 cm) ketika digantung dengan kencang, ditempatkan secara vertikal di atas sumbu sempit di tengah lapangan permainan.

Di dalam pita net, ada kabel fleksibel di bagian atas dan kabel di bagian bawah untuk mengikat net ke tiang dan menjaga bagian atas dan bawahnya tetap kencang. Tak lupa ada antena yang memiliki panjang 1,80 m dan diameter 10 mm, terbuat dari fiberglass atau bahan serupa.

Sementara itu, tiang penyangga net ditempatkan pada jarak 0,70 – 1,00 m di luar setiap garis samping. Tingginya 2,55 m dan sebaiknya disesuaikan.

Bola

Bola harus berbentuk bulat, terbuat dari bahan fleksibel (kulit, kulit sintetis, atau sejenisnya) yang tidak menyerap kelembaban, yaitu lebih cocok untuk kondisi luar ruangan karena pertandingan dapat dimainkan saat hujan. Bola memiliki bola dalam di dalamnya yang terbuat dari karet atau bahan serupa.

  • Warna: warna seragam terang atau kombinasi warna.
  • Lingkar: 66 – 68 cm.
  • Berat: 260 hingga 280 g.
  • Tekanan di dalam: 0,175 hingga 0,225 kg/cm2 (171 hingga 221 mbar atau hPa).

Format Permainan

Dalam voli pantai, sebuah tim menghasilkan poin:

  • dengan berhasil mendaratkan bola di lapangan lawan;
  • ketika tim lawan melakukan kesalahan;
  • ketika tim lawan menerima penalti.

Sebuah tim melakukan kesalahan dengan melakukan tindakan bermain yang bertentangan dengan aturan (atau dengan melanggarnya dengan cara lain).

Reli

Reli adalah urutan tindakan bermain dari saat servis dipukul oleh server sampai bola keluar dari permainan. Reli lengkap adalah urutan aksi permainan yang menghasilkan perolehan poin. Ini termasuk:

  • pemberian penalti
  • kehilangan servis untuk pukulan servis yang dilakukan setelah batas waktu.

Jika tim yang melakukan servis memenangkan reli, ia mencetak poin dan terus melakukan servis. Jika tim penerima memenangkan reli, ia mencetak poin dan harus melakukan servis berikutnya.

Set / Babak

Satu set (kecuali set ketiga yang menentukan) dimenangkan oleh tim yang pertama kali mencetak 21 poin dengan keunggulan minimal dua poin. Dalam kasus seri 20-20, permainan dilanjutkan sampai keunggulan dua poin tercapai (22-20; 23-21; dst).

Tim yang memenangkan dua set memenangkan pertandingan. Dalam kasus seri 1-1, set ke-3 yang menentukan dimainkan hingga 15 poin dengan keunggulan minimal 2 poin.

Perbedaan dengan Voli Biasa

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara voli pantai dengan voli biasa:

  • Permukaan lapangan – voli pantai dimainkan di atas lapangan pasir, sedangkan voli biasa di lapangan keras.
  • Dimensi lapangan voli pantai adalah 16 x 8 m, sedangkan voli biasa 18 x 9 m.
  • Lapangan voli pantai tidak memiliki “garis serang”, sedangkan lapangan voli biasa memiliki itu sepanjang 3 meter dari net.
  • Ukuran tim – voli pantai dimainkan oleh tim yang terdiri dari dua pemain, sedangkan tim voli biasa terdiri dari 6 pemain.
  • Sistem penilaian – voli pantai dimainkan sebanyak-banyaknya dalam 3 set hingga 21 poin (15 poin untuk set penentuan), sedangkan voli biasa sebanyak-banyak dimainkan dalam 5 set hingga 25 poin (15 poin untuk set penentuan).
  • Sebuah blok di net dihitung sebagai salah satu dari tiga sentuhan yang diperbolehkan dalam permainan pantai, tetapi tidak dalam permainan dalam ruangan.
  • Tidak ada kesalahan rotasi di voli pantai – pemain dapat berpindah sisi sesuka hati.
  • Tim berganti sisi lapangan setiap tujuh poin, bukan di antara set.
  • Tidak ada Libero di voli pantai seperti di voli dalam ruangan.

Referensi

  1. Beach Official Rules and Forms.” Asian Volleyball Confederation, asianvolleyball.net (dalam bahasa Inggris). Diakses 26 Juni 2021.
  2. Beach volleyball.” Wikipedia (dalam bahasa Inggris). Diakses 26 Juni 2021.
  3. “Official Beach Volleyball Rules 2017-2020.” FIVB (dalam bahasa Inggris). Diakses 26 Juni 2021. File PDF.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu