Ukuran Gawang Sepak Bola Standar FIFA

Gawang adalah salah satu perlengkapan dalam permainan sepak bola. Gawang menjadi tujuan para pemain sepak bola dalam mencetak gol dan gawang masing-masing tim dijaga oleh seorang kiper atau penjaga gawang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gawang diartikan sebagai dua tiang yang dihubungkan dengan kayu palang pada bagian ujung atas; dua tiang yang berpalang sebagai tempat sasaran memasukkan bola (dalam permainan sepak bola dan sebagainya).

Ukuran Gawang Sepak Bola

Ukuran gawang sepak bola diatur oleh FIFA selaku induk organisasi sepak bola internasional. Dalam Hukum Permainan FIFA, gawang harus ditempatkan di tengah setiap garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang vertikal yang berjarak sama dari tiang bendera sudut dan dihubungkan di bagian atas oleh mistar gawang horizontal.

Lebih lanjut lagi disebutkan bahwa tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari bahan yang disetujui. Mereka harus persegi, persegi panjang, bulat, elips atau kombinasi dari bentuk-bentuk ini dan tidak boleh berbahaya.

Berikut adalah ukuran gawang sepak bola menurut FIFA:

  • Panjang: 7,32 meter (jarak antara bagian dalam tiang gawang)
  • Tinggi: 2,44 meter (jarak dari tepi bawah mistar gawang ke tanah)

Aturan-aturan lain terkait gawang antara lain sebagai berikut:

  • Gawang harus ditempatkan di tengah setiap garis gawang.
  • Tiang gawang dan mistar gawang harus berwarna putih serta memiliki lebar dan kedalaman yang sama, yaitu tidak boleh lebih dari 12 cm.
  • Posisi tiang gawang dalam kaitannya dengan garis gawang harus sesuai dengan grafik.
  • Jaring dapat dipasang ke gawang dan tanah di belakang gawang; mereka harus ditunjang dengan baik dan tidak boleh mengganggu penjaga gawang.
  • Untuk keselamatan, gawang (termasuk gawang portabel) harus dipasang atau tertancap dengan kuat ke tanah.

Area Gawang

Di depan tiang sepak bola ada area gawang. Area ini punya sejumlah fungsi, dan yang paling utama adalah untuk menentukan lokasi dari mana tendangan gawang akan dilakukan.

Dua garis ditarik ke kiri dan kanan gawang sejauh 5,5 m dari bagian dalam setiap tiang gawang. Garis-garis ini memanjang sejauh 5,5 meter ke bagian dalam lapangan permainan dan dihubungkan oleh garis yang ditarik sejajar dengan garis gawang. Area yang dibatasi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah area gawang.

Jadi, secara matematis area gawang memiliki panjang 18,32 meter (5,5 + 7,32 + 5,5 meter) dan lebar 5,5 meter.

Lihat Juga

Referensi

  1. “FIFA Laws of the Game 20/21.” FIFA (dalam bahasa Inggris). Diakses 2 Oktober 2021. File PDF.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu