PBSI.

PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) merupakan induk organisasi bulu tangkis Indonesia yang berdiri pada tanggal 5 Mei 1951 di Bandung, Jawa Barat. Saat ini kantor pusat PBSI berlokasi di Jakarta.

Servis.

Servis merupakan titik awal dari setiap pertandingan bulu tangkis. Servis dilakukan dengan cara memukul kok ke atas net hingga masuk ke area servis lawan.

Smash.

Smash adalah pukulan terkuat dan tercepat dalam permainan bulu tangkis. Smash biasanya dilakukan ketika bola melambung tinggi hingga bola melesat dengan sangat cepat. Jika pertahanan lawan kurang baik, pukulan smash akan sulit dikembalikan dan artinya menghasilkan poin.

BWF.

BWF (Badminton World Federation, bahasa Indonesia: Federasi Bulu Tangkis Dunia) adalah induk organisasi olahraga bulu tangkis internasional yang didirikan pada 5 Juli 1934 di London, Inggris. Baca selengkapnya…

India.

Meski asal-usul permainan bulu tangkis tidak jelas, namun permainan bulu tangkis modern yang kita kenal sekarang berkembang dari poona, yang dimainkan oleh perwira tentara Inggris yang ditempatkan di India pada tahun 1860-an. Baca selengkapnya…

Babak.

Sebuah pertandingan (match) paling banyak dimainkan dalam tiga game atau babak. Satu babak harus dimenangkan oleh sekurang-kurangnya 21 poin, dengan syarat memiliki keunggulan minimal 2 poin (misal: 21-19).

Pada 20 sama, pihak yang mendapatkan keunggulan 2 poin lebih dulu, memenangkan babak itu. Pada 29 sama, pihak yang mencetak poin ke-30, memenangkan babak itu.

Bagian belakang lapangan lawan.

Lob atau clear adalah salah satu jenis pukulan dalam bulu tangkis. Secara harfiah lob kira-kira berarti memukul tinggi-tinggi. Pukulan lob dilakukan di baseline dan bertujuan untuk memukul kok hingga terbang jauh ke bagian belakang lapangan lawan. Baca selengkapnya…

All England.

All England merupakan turnamen bulu tangkis tertua di dunia yang pertama kali diadakan pada tahun 1899 di Inggris. Hingga tahun 2021 All England telah memasuki edisi ke-113. Rudy Hartono merupakan pemegang rekor All England dengan 8 kemenangan di sektor tunggal putra.

20-20 atau 20 sama.

Permainan umum bulu tangkis berakhir pada poin 21. Jika kedua pemain mencapai poin 20-20, itu disebut dengan deuce. Dari sini, pemain yang unggul 2 poin lebih dulu sebelum poin ke-30 memenangkan permainan.

Raket, kok, dan net.

Raket, kok, dan net merupakan syarat utama untuk dapat memainkan bulu tangkis.

Apa Itu Trivia?

Trivia di Sportlogi berisi pertanyaan-pertanyaan seputar olahraga yang sering diajukan. Jawaban yang tertera berasal dari sumber-sumber terpercaya, seperti dokumen yang dikeluarkan oleh federasi olahraga terkait.