3 Tips Memilih Raket Badminton

Memilih raket badminton atau bulu tangkis tidak semudah yang banyak orang pikirkan. Alat ini dibuat dengan tujuan yang berbeda-beda. Modelnya juga banyak sehingga sering membingungkan pemula yang baru memulai main bulu tangkis.

Untuk mempermudah kamu dalam memilih raket badminton yang tepat, di sini Sportlogi akan memberikan beberapa tips yang bisa berguna, khususnya bagi pemula.

1. Ketahui Tingkat Permainanmu

Saat kamu hendak membeli raket bulu tangkis, kamu harus mengetahui dulu tingkatan atau level permainanmu. Yang bisa mengetahui tingkat permainanmu adalah diri kamu sendiri dan pelatihmu (jika kamu bermain di klub).

Jika kamu baru masuk dunia bulu tangkis, kamu bisa dibilang sebagai pemula. Ketika keterampilan bermainmu sudah berkembang, kamu masuk tahap menengah. Dan saat keterampilan bermainmu sudah maju, kamu masuk tahap lanjutan.

Raket bulu tangkis sendiri secara garis besar dibagi menjadi tiga tingkatan: pemula (beginner) dengan keterampilan dasar, menengah (intermediate) dengan keterampilan berkembang, dan tingkat lanjut (advanced) dengan keterampilan yang sudah maju dan pro. Pabrikan juga biasanya menyediakan seri junior untuk anak-anak.

Pabrikan biasanya memiliki diagram atau peta raket yang menunjukkan parameter atau tingkatan raket mereka. Kamu bisa mengeceknya di situs resmi pabrikan dan katalog tahunan yang mereka keluarkan. Kamu juga bisa mengunjungi situs distributor resmi atau bertanya langsung kepada penjual.

Li-Ning, merek bulu tangkis asal Tiongkok, memberikan kemudahan kepada calon pembeli dalam memilih raket mereka. Beberapa seri raket Li-Ning menggunakan sistem penomoran digit. Digit pertama menentukan tingkatan raket sebagai berikut:

  • Jika digit pertama adalah 1, 2 atau 3, raket cocok untuk pemula.
  • Jika digit pertama adalah 4, 5 atau 6, raket cocok untuk pemain menengah.
  • Jika digit pertama adalah 7, 8 atau 9, raket cocok untuk pemain tingkat lanjut.

Dari pemantauan kami, umumnya pabrikan raket termasuk yang besar sekali pun jarang memberikan informasi langsung terkait tingkatan raket mereka. Padahal ini sangat penting untuk memudahkan calon konsumen. Semoga ke depannya mereka memikirkan hal ini dan berbenah.

2. Ketahui Gaya Permainanmu

Pemain pemula mungkin belum tahu gaya permainan mereka seperti apa. Tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya keterampilan, kamu akan mengetahui gaya permainanmu sendiri.

Bulu tangkis adalah permainan yang menarik. Gaya permainan yang dimiliki pemain di setiap nomor bisa berbeda-beda. Lebih jauh dari itu, gaya permainan dari setiap negara bahkan bisa berbeda satu sama lain.

Karena itu pertandingan bulu tangkis, baik itu tunggal maupun ganda, semuanya bisa sangat menarik untuk disaksikan. Pertandingan ganda putri yang kadang sangat alot karena sering bermain bola-bola tinggi kini lebih bisa dinikmati karena munculnya wanita-wanita perkasa, khususnya dari Jepang dan Korea.

Bisa dikatakan tidak ada sebutan eksplisit untuk gaya permainan dalam bulu tangkis. Tapi pabrikan raket biasanya mengeluarkan empat tipe raket yang hadir untuk menunjang semua gaya permainan, yaitu sebagai berikut:

  • Power: Ditujukan bagi pemain yang mendominasi permainan dengan pukulan-pukulan smash dan keras. Cek rekomendasi raket untuk smash terbaik.
  • Speed: Ditujukan bagi pemain yang identik dengan kecepatan, kelincahan, dan kecerdikan dalam memenangkan poin.
  • Control: Ditujukan bagi pemain yang suka mengontrol lapangan dengan pukulan-pukulan presisi.
  • All-round: Ditujukan bagi pemain yang mengombinasikan tiga tipe raket di atas alias serba bisa.

Perlu diketahui bahwa setiap model raket di masing-masing tipe raket di atas berbeda satu sama lain. Beberapa hal utama yang menentukannya adalah titik keseimbangan, kekakuan batang atau poros raket, berat raket, tarikan, dan ukuran grip.

3. Tentukan Budget

Sudah tahu tingkatan atau gaya permainanmu sendiri? Kini saatnya kamu menentukan budget untuk membeli raket bulu tangkis. Jadi, berapa budget yang harus dipersiapkan?

  • Pemula (Rp 100.000 – Rp 300.000)

Raket untuk pemula memiliki harga yang terjangkau. Dengan uang 100 ribu rupiah kamu sudah bisa membawa pulang satu buah raket dengan senar sudah terpasang. Cek rekomendasi raket untuk pemula 100 ribuan terbaik.

Kamu juga bisa menemukan raket murah di bawah 100 ribu, tapi itu mungkin lebih cocok untuk bermain di pekarangan rumah sebagai rekreasi sederhana.

Atau jika kamu ingin raket pemula yang bagus, kamu bisa menyiapkan dana setidaknya Rp 300 ribuan. Cek rekomendasi raket 300 ribuan yang bagus.

  • Menengah (Rp 500.000 – Rp 1.500.000)

Siapkan dana setidaknya 500 ribuan untuk mendapatkan raket entri yang andal untuk pemain menengah. Ada banyak merek lokal maupun internasional yang menawarkan raket di rentang harga Rp 500 ribu – Rp 1 juta. Cek rekomendasi raket 500 ribuan dari Yonex.

Jika ingin yang bagus, setidaknya siapkan uang Rp 1 juta – Rp 1,5 jutaan. Kamu bisa menemukan model-model raket menengah dari brand populer di rentang harga tersebut. Cek rekomendasi raket 1 jutaan yang bagus.

  • Tingkat lanjut (Rp 500.000 – Rp 3.500.000)

Tidak semua raket untuk pemain tingkat lanjut dijual mahal. Kamu bisa menemukan raket Rp 500 ribuan – Rp 1 juta yang ditujukan untuk pemain tingkat lanjut, tentunya dengan fitur terbatas.

Kamu juga bisa memilih raket untuk tingkat lanjut di kelas mid-range, biasanya dijual di rentang harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Raket di atas 2 juta bisa dibilang sudah flagship atau unggulan dan menawakan banyak fitur.

Setelah mempertimbangkan tiga tips penting di atas, kamu bisa mengetahui cara memilih raket bulu tangkis dan bagian apa yang perlu dipertimbangkan di artikel ini: Raket Badminton dan Bagaimana Cara Memilihnya.

Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu