Tinggi gawang dalam permainan sepak bola adalah?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Tinggi gawang dalam permainan sepak bola adalah?


Sepak bola adalah permainan yang bertujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak mungkin dalam waktu 90 menit. Bukan hal yang mudah untuk mencetak gol karena gawang dijaga oleh seorang keeper atau penjaga gawang.

Gawang sepak bola tidak boleh sembarang ukuran. FIFA selaku induk organisasi sepak bola internasional telah menetapkan aturan terkait gawang dalam Hukum Permainan.

Tinggi gawang sepak bola

Gawang terletak di tengah setiap garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang vertikal yang berjarak sama dari tiang bendera sudut dan dihubungkan di bagian atas oleh mistar gawang horizontal.

Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari bahan yang disetujui. Mereka harus persegi, persegi panjang, bulat, elips atau kombinasi dari bentuk-bentuk ini dan tidak boleh berbahaya.

Berikut adalah parameter gawang seperti tertera dalam Hukum Permainan.

  • Panjang: 7,32 meter (jarak antara bagian dalam tiang gawang)
  • Tinggi: 2,44 meter (jarak dari tepi bawah mistar gawang ke tanah)

Dalam Hukum Permainan juga disebutkan kalau tiang gawang dan mistar gawang harus berwarna putih serta memiliki lebar dan kedalaman yang sama, yaitu tidak boleh lebih dari 12 cm.

Selain itu, net atau jaring dapat dipasang ke gawang dan tanah di belakang gawang; mereka harus ditunjang dengan baik dan tidak boleh mengganggu penjaga gawang.

Dan untuk keselamatan seluruh pemain khususnya penjaga gawang, gawang (termasuk gawang portabel) harus dipasang atau tertancap dengan kuat ke tanah.

Pada saat permainan berlangsung ada kemungkinan mistar gawang bergeser atau patah. Jika itu terjadi maka permainan dihentikan sampai telah diperbaiki atau diganti pada posisinya.

Lalu permainan dimulai kembali dengan bola yang dijatuhkan. Jika tidak dapat diperbaiki pertandingan harus ditinggalkan. Tali atau bahan fleksibel atau berbahaya lainnya tidak boleh menggantikan mistar gawang.


Dari bahasan singkat di atas kita bisa mendapatkan jawaban kalau tinggi gawang dalam permainan sepak bola adalah 2,44 meter.

Referensi

  1. “FIFA Laws of the Game 20/21.” FIFA (dalam bahasa Inggris). Diakses 2 Oktober 2021. File PDF.
Tags:

Lihat juga