Disc Selected Item Up to 50%
Free Ongkir Min. Pembelian 200.000

Tendangan Gawang dalam Permainan Sepak Bola

Tendangan gawang (bahasa Inggris: goal kick) diberikan ketika seluruh bola melewati garis gawang, di tanah atau di udara, setelah terakhir menyentuh pemain dari tim penyerang, dan tidak ada gol yang tercipta.

Sebuah gol dapat dicetak langsung dari tendangan gawang, tetapi hanya terhadap tim lawan; jika bola langsung masuk ke gawang penendang, tendangan sudut diberikan kepada lawan.

Prosedur

Berikut adalah prosedur melakukan tendangan gawang menurut FIFA dalam Hukum Permainan.

  • Bola harus diam dan ditendang dari titik mana pun di dalam area gawang oleh pemain dari tim bertahan.
  • Bola dalam permainan ketika ditendang dan jelas bergerak.
  • Lawan harus berada di luar area penalti sampai bola dalam permainan.

Pelanggaran dan Sanksi

Pemain atau tim yang bersangkutan akan diganjar pelanggaran dan sanksi jika tendangan gawang dilakukan di luar prosedur.

Jika, setelah bola dalam permainan, penendang menyentuh bola lagi sebelum menyentuh pemain lain, tendangan bebas tidak langsung diberikan; jika penendang melakukan pelanggaran bola tangan, maka:

  • tendangan bebas langsung diberikan.
  • tendangan penalti diberikan jika pelanggaran terjadi di dalam area penalti penendang, kecuali jika penendang adalah penjaga gawang, dalam hal ini tendangan bebas tidak langsung diberikan.

FIFA lebih lanjur menjelaskan jika, ketika tendangan gawang dilakukan, ada lawan yang berada di dalam area penalti karena mereka tidak punya waktu untuk pergi, wasit mengizinkan permainan untuk dilanjutkan.

Lalu, jika lawan yang berada di daerah penalti pada saat tendangan gawang dilakukan, atau memasuki area penalti sebelum bola dalam permainan, menyentuh atau menantang bola sebelum dalam permainan, maka tendangan gawang dilakukan kembali.

Jika seorang pemain memasuki area penalti sebelum bola dalam permainan dan melanggar atau dilanggar oleh lawan, tendangan gawang akan diulang dan pelanggar dapat diberi peringatan atau diusir keluar lapangan, tergantung pada pelanggarannya. Untuk pelanggaran lainnya, tendangan diulang.

Catatan: Konten dalam postingan ini hampir seluruhnya merupakan terjemahan dari Hukum Permainan Pasal 16 yang dikeluarkan oleh FIFA dalam bahasa Inggris. Tujuannya tak lain hanya untuk edukasi. Terima kasih.

Lihat Juga

Referensi

  1. “FIFA Laws of the Game 20/21.” FIFA (dalam bahasa Inggris). Diakses 16 Agustus 2021. File PDF.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu