Disc Selected Item Up to 50%
Free Ongkir Min. Pembelian 200.000

Tarikan Senar Raket untuk Berbagai Tingkatan Permainan

Tarikan senar raket adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat seseorang hendak membeli raket bulu tangkis dan beberapa olahraga raket lainnya. Ini penting karena tarikan senar yang dibutuhkan setiap orang dapat berbeda satu sama lain.

Tarikan Senar Raket Bulu Tangkis

Umumnya tarikan senar raket bulu tangkis berkisar antara 20 hingga 30 lbs. lb (ditambah ‘s’ menunjukkan angka lebih dari satu) sendiri merupakan simbol standar internasional untuk satuan massa pon (bahasa Inggris: pound). 1 pon sendiri setara dengan 453,6 gram dalam satuan metrik.

Untuk mendapatkan tarikan yang tepat dan diinginkan, kamu harus memasang senar raket menggunakan mesin khusus. Mesin tersebut biasanya dimiliki oleh toko-toko olahraga yang menjual produk raket bulu tangkis dan diperlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya.

Kamu juga perlu mengetahui kalau setiap model raket bulu tangkis memiliki dukungan tarikan senar yang berbeda-beda. Biasanya pabrikan akan menampilkan berapa tarikan senar yang direkomendasikan untuk setiap raket mereka pada tabel spesifikasi produk di situs mereka.

Kamu benar-benar harus memperhatikan berapa dukungan tarikan senar raket yang kamu beli. Jika misal sebuah raket mendukung tarikan maksimal hingga 30 lbs, maka tidak ada masalah jika kamu menerapkan tarikan yang lebih rendah beberapa angka (idealnya 8 angka).

Masalah baru akan muncul jika kamu menggunakan tarikan yang lebih tinggi dari angka maksimal, misalnya 34 lbs. Jika ini terjadi, maka ada dua kemungkinan masalah. Pertama rangka raket retak atau patah. Kedua getaran yang dihasilkan meningkat. Selain tidak nyaman digunakan, raket juga bisa berbahaya saat digunakan.

Berapa Tarikan Senar yang Dibutuhkan?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tarikan senar raket untuk setiap orang dapat berbeda satu sama lain. Beberapa hal utama yang mendasarinya adalah keterampilan bermain dan gaya permainan.

Jika kamu tergolong pemain pemula, kamu bisa menggunakan raket dengan tarikan senar rendah, biasanya di bawah 20 lbs. Raket untuk pemula biasanya sudah datang dengan senar terpasang dari penjual. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu memusingkan tarikan senar.

Setelah keterampilan bermain kamu berkembang dan kamu menemukan gaya permainanmu, kamu bisa menggunakan tarikan senar yang lebih tinggi. Dan karena tarikan itu sangat personal, kamu bisa menentukan sendiri berapa tarikan senar yang benar-benar kamu butuhkan nantinya, tentu dalam angka tarikan yang didukung raketmu.

Lalu berapa tarikan senar yang dibutuhkan oleh semua level permainan? Berikut adalah datanya menurut Paul Stewart, pelatih bulu tangkis asal Inggris yang mempunyai pengalaman memasang senar raket lebih dari 20 tahun.

  • Pemula: 16 lbs – 18 lbs – terutama jika bermain dengan kok plastik
  • Pemula: 17 lbs – 19 lbs jika bermain dengan kok bulu
  • Intermediate atau menengah: 18 lbs – 23 lbs
  • Advanced atau tingkat lanjut: 23 lbs – 28 lbs
  • Profesional*: 26 lbs – 32 lbs

*Bisa diartikan sebagai pemain-pemain pro yang sering mengikuti turnamen profesional atau internasional.

Berhenti sampai di sini? Tidak! Kamu yang level permainannya sudah tingkat lanjut, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih senarnya.

Senar raket juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan gaya permainanmu. Bagaimana cara memilih senar raket bulu tangkis? Nantikan di bahasan selanjutnya.

Referensi

  1. Why Egos and Incorrect Information About String Tensions In Badminton Could Be Doing More Harm Than Good.Badminton-Coach (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 September 2021.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu