Supremasi Ganda Putra Dunia Masih Dipegang Indonesia

Jika ditanya olahraga apa yang sangat populer di Indonesia dan mampu mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional, maka jawabannya adalah bulu tangkis.

Ya, bulu tangkis adalah olahraga di mana Indonesia sangat dihormati di dunia internasional. Kita tidak hanya memproduksi atlet-atlet bulu tangkis berbakat, tapi banyak dari mereka yang pada akhirnya berkarir sebagai pelatih di luar negeri, mengembangkan bulu tangkis di berbagai penjuru dunia.

Data menunjukkan bahwa perkembangan bulu tangkis Indonesia secara keseluruhan dapat dibilang bagus. Meski sempat puasa gelar di Olimpiade London 2012, Indonesia tetap mengembalikan tradisi emas bulu tangkis Olimpiade di Rio 2016 dan Tokyo 2020.

Dari lima sektor yang ada, perkembangan terbaik datang dari ganda putra. Nomor ganda putra adalah penyumbang gelar terbanyak dalam rangkaian Tur Dunia BWF dari 2018 sampai sekarang.

Pada tahun 2022 saja (hingga Singapore Open 2022), lima dari delapan gelar Tur Dunia BWF Indonesia, atau sekitar 62,5%, datang dari sektor ganda putra. Dalam edisi Kejuaraan Dunia BWF terakhir yang diikuti Indonesia tahun 2019 di Basel, Swiss, medali emas juga datang dari ganda putra.

Turnamen Nomor yang Juara
All England 2022 Ganda putra
Malaysia Open 2022 Ganda putri
Indonesia Masters 2022 Ganda putra
Malaysia Masters 2022 Tunggal putra; ganda putra
Singapore Open 2022 Ganda putra
Swiss Open Tunggal putra; ganda putra

All Indonesian semi-finals dan all Indonesian finals di Singapore Open 2022.

Data di atas menjadi bukti nyata bahwa ganda putra adalah sektor paling maju di Indonesia. Bahkan pada turnamen Singapore Open 2022, empat ganda putra Indonesia berhasil melaju ke babak semi final, yang artinya gelar pasti bagi Indonesia (lihat tabel di atas).

Dengan gelar sebanyak itu, Indonesia menjadi negara tersukses dalam sektor ganda putra di Tur Dunia BWF 2022 hingga turnamen Singapore Open 2022. Berikut adalah tabelnya (juara ganda putra Singapore Open 2022 belum ditentukan pada saat artikel ini ditulis).

Indonesia sudah mendapatkan lima gelar ganda putra dalam Tur Dunia BWF 2022 (hingga Singapore Open 2022).

Supremasi ganda putra Indonesia memang sudah terkenal sejak lama. Itu bisa dibuktikan dengan gelar Piala Thomas Indonesia sebanyak 14, tersukses di dunia. Di Olimpiade, meski ganda putra Indonesia belum ada yang juara lagi sejak Beijing 2008, Indonesia masih menjadi negara tersukses di nomor ganda putra, dengan tiga medali emas.

Tabel raihan medali Olimpiade untuk nomor ganda putra, Indonesia teratas.

Referensi

  1. Badminton at the Summer Olympics
  2. 2022 BWF World Tour
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed