Disc Selected Item Up to 50%
Free Ongkir Min. Pembelian 200.000

Cara Streaming Badminton Live yang Mudah dan Legal

Streaming badminton live atau langsung saat ini sering dilakukan oleh para fans badminton aka bulu tangkis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Platform yang paling sering digunakan untuk streaming pertandingan bulu tangkis secara langsung adalah YouTube.

BWF selaku induk organisasi bulu tangkis internasional memiliki kanal YouTube resmi yang bernama BWF TV. Kanal tersebut berisikan ribuan video pertandingan, baik dalam bentuk sorotan atau highlight maupun pertandingan penuh atau full match.

Turnamen bulu tangkis yang diselenggarakan BWF, termasuk Kejuaraan Dunia dan Tur Dunia BWF, biasanya selalu ditayangkan langsung melalui kanal YouTube BWF. Akan tetapi, BWF memberlakukan blokir geografis untuk negara-negara di mana hak siar pertandingan terjual.

Indonesia sebagai negara dengan pecinta bulu tangkis terbesar di dunia merupakan daftar utama dari blokir geografis YouTube BWF. Itu karena hak siar turnamen-turnamen bulu tangkis BWF hampir semuanya selalu terjual kepada penyiar lokal.

Hasilnya pecinta bulu tangkis Indonesia tidak dapat menikmati streaming badminton live melalui YouTube, yang merupakan platform berbagi video paling nyaman digunakan saat ini.

Namun, tak perlu khawatir karena selalu ada jalan menuju Roma. Kalian masih bisa melakukan streaming badminton langsung melalui YouTube di kanal BWF TV. Wah, bagaimana caranya, ya?

Cara Streaming Badminton di YouTube

Cara streaming badminton live di kanal YouTube BWF ini berlaku untuk pertandingan yang hak siarnya terjual kepada penyiar lokal di Indonesia. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

  • Pastikan kamu memiliki paket data yang cukup atau tersambung ke jaringan WiFi.
  • Pastikan kamu sudah memasang aplikasi YouTube di ponsel pintarmu.
  • Unduh dan pasang aplikasi VPN. Cari yang terbaik menurutmu di toko aplikasi.
  • Jika aplikasi VPN yang kamu gunakan menyediakan layanan gratis, kamu bisa mencoba salah satu servernya. Jika kamu punya budget, kamu bisa berlangganan layanan premium.

Catatan: VPN gratis biasanya memiliki kecepatan, kuota, dan server terbatas. Kalau ingin jaringan cepat dan lancar sebaiknya pilih layanan berbayar.

Langkah 2

  • Setelah kamu menentukan layanan VPN, kamu bisa memilih server negara non-tradisional bulu tangkis.
  • Kemungkinan besar hak siar turnamen di negara-negara tersebut tidak terjual, kecuali untuk turnamen Grade 1 (Kejuaraan Dunia, Piala Thomas dan Uber, dll) dan turnamen Grade 2 Level 1 (Final Tur Dunia BWF) dan Grade 2 Level 2 (Tur BWF Super 1000: All England Open, Indonesia Open, dan China Open).
  • Negara-negara non-tradisional bulu tangkis umumnya berada di kawasan Amerika, Afrika, dan sebagian Eropa.

Langkah 3

  • Setelah memilih server terbaik menurutmu, pergi ke kanal YouTube BWF.
  • Jika siaran langsung belum muncul, coba tutup aplikasi YouTube dan buka kembali, lalu menuju kanal BWF TV.
  • Jika tetap masih belum muncul, kamu harus ganti server.
  • Jika sebelumnya kamu memilih server Amerika Serikat, kemungkinan besar hak siar turnamen di negara tersebut terjual. Kamu bisa memilih server negara lain, seperti Kanada atau server negara-negara Eropa yang kamu rasa bulu tangkis tidak populer di sana.

Langkah 4

  • Setelah tersambung ke server yang tepat, kini kamu bisa menikmati siaran langsung bulu tangkis di YouTube BWF dengan resolusi hingga Full HD.
  • Selain resolusi penuh, keuntungan streaming badminton live di YouTube BWF adalah kamu bisa menonton sembari mendengarkan pengisi suara yang terkenal bernama Gillian Clark atau sering dipanggil Oma Gill (biasanya hanya mengisi turnamen-turnamen besar).

Bagaimana jika tidak ingin ribet-ribet memasang VPN di ponsel atau komputer? Apakah ada cara streaming lainnya yang mudah dan legal? Tentu saja ada!

Cara Streaming di Platform Lainnya

Sebagai negara tradisional bulu tangkis, siaran bulu tangkis di Indonesia seringkali ramai. Maka tak jarang hak siar turnamen terjual ke beberapa penyiar. Kemungkinannya seperti ini: satu hak siar televisi dan sisanya hak siar streaming lokal berbayar.

Nah, karena layanan streaming terus berkembang dari waktu ke waktu, beberapa layanan streaming lokal berusaha memperkaya kontennya dengan membeli hak siar berbagai turnamen olahraga internasional, termasuk bulu tangkis dari BWF.

Dua di antara layanan streaming tersebut adalah Vidio.com dan UseeTV dari Telkom. Berikut adalah langkah-langkah streaming badminton live di dua platform tersebut:

  • Unduh aplikasi Vidio dan UseeTV di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Setelah terpasang, daftar dengan nomor telepon atau email.
  • Pilih layanan premium yang tersedia.
  • Untuk bulu tangkis biasanya ada layanan berbayar khusus untuk seluruh jadwal pertandingan, jadi kamu bisa lebih hemat (biasanya mulai belasan ribu rupiah untuk satu turnamen penuh).
  • Setelah itu kamu bisa langsung streaming tanpa perlu VPN.
  • Pastikan jaringan internetmu bagus dan stabil serta kuota mencukupi.

Meski lebih murah dan mudah, streaming melalui platform streaming lokal memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kualitas video yang dibatasi, biasanya hingga 720p. Jadi ini bisa kurang memuaskan jika diputar melalui komputer.

Lihat Juga

Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu