Daftar Stadion Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Piala Dunia FIFA 2022 dijadwalkan digelar di Qatar dari tanggal 21 November hingga 18 Desember 2022. Ini merupakan Piala Dunia pertama yang digelar di dunia Arab.

Qatar telah menyiapkan delapan stadion berstandar FIFA untuk Piala Dunia 2022. Stadion-stadion tersebut dirancang dengan teknologi tinggi untuk kenyamanan pamain dan penonton. Tampilannya juga keren dan modern.

Berikut adalah daftar stadion Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

1. Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt - Stadion Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Stadion Al Bayt adalah stadion berkapasitas 60.000 kursi dengan struktur tenda raksasa yang menutupi seluruh stadion. Terletak di kota utara Al Khor, stadion ini akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan Piala Dunia FIFA 2022 dan pertandingan hingga semifinal.

Nama stadion ini diambil dari bayt al sha’ar – tenda yang secara historis digunakan oleh orang-orang nomaden di Qatar dan kawasan Teluk. Desainnya menghormati masa lalu dan masa kini Qatar, sambil tetap memperhatikan masa depan masyarakat di sana.

Seperti halnya tenda pengembara, Stadion Al Bayt ini portabel alias dapat dibongkar. Tingkat atas tempat duduk berdesain modular akan dilepaskan setelah Piala Dunia FIFA 2022 dan diberikan kepada negara-negara berkembang yang membutuhkan infrastruktur olahraga.

2. Stadion 974

Stadion 974 - Stadion Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Stadion 974 adalah sebuah arena berkapasitas 40.000 kursi yang memiliki desain inovatif. Stadion ini dibangun menggunakan kontainer pengiriman bersertifikat dan elemen baja modular, yang mencerminkan pelabuhan terdekat dan sejarah maritim panjang Doha, ibu kota Qatar.

974 adalah kode panggilan internasional untuk Qatar, serta jumlah pasti kontainer pengiriman yang digunakan dalam konstruksi. Itulah mengapa stadion ini dinamai Stadion 974.

Stadion 974 memiliki tampilan yang khas, penuh warna, dan benar-benar modern yang hampir terlihat seperti terbuat dari balok-balok bangunan. Ini akan menjadi tempat turnamen pertama yang dapat dibongkar sepenuhnya dalam sejarah Piala Dunia FIFA.

3. Stadion Al Janoub

Stadion Al Janoub

Ini adalah stadion dengan kapasitas 40.000 tempat duduk yang terletak di selatan kota Al Wakrah. Desain stadion yang spektakuler ini terinspirasi dari perahu dhow tradisional yang digunakan dalam kegiatan penyelaman dan pemancingan mutiara di Al Wakrah.

Stadion yang dibuka pada 16 Mei 2019 ini dirancang oleh firma milik salah satu arsitek terhebat di dunia Zaha Hadid. Tidak arsitektur stadion yang elegan dan futuristik, kawasan stadion juga dipercantik dengan taman yang indah. Tepi pantai yang cantik, pasar lokal yang uni, dan museum sejarah juga dapat dijelajahi pengunjung ketika akan menonton pertandingan di Stadion Al Janoub.

Setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Stadion Al Janoub akan menjadi rumah baru untuk olahraga dan hiburan di Qatar selatan. Kapasitasnya akan dikurangi menjadi 20.000, sedangkan 20.000 kursi lainnya akan disumbangkan untuk proyek pengembangan sepak bola di luar negeri.

4. Stadion Ahmad Bin Ali

Stadion Ahmad Bin Ali adalah stadion yang dapat menampung hingga 40.000 penonton di Al Rayyan yang dibuka pada 18 Desember 2020. Stadion ini akan menjadi gelaran Piala Dunia FIFA Qatar 2022 hingga babak perempat final.

Stadion Ahmad Bin Ali, dibangun di atas lokasi dengan nama yang sama, menggabungkan simbol budaya Qatar ke dalam fasad bergelombangnya yang spektakuler. Fasilitas di sekitar stadion juga mencerminkan negara Qatar, dengan struktur berbentuk bukit pasir yang mengingatkan pada tanah liar yang indah di barat negara ini.

Masih tentang inovatif dan kreatif, hampir setengah dari 40.000 kursi modular stadion ini akan dipindahkan dan diberikan untuk proyek pengembangan sepak bola di luar negeri setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022 berakhir. Keren sekali!

5. Stadion Al Thumama

Stadion Al Thumama

Terletak 12 km selatan Doha, Stadion Al Thumama akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia FIFA Qatar 2022 hingga dan termasuk perempat final. Sesuai dengan semua tempat baru Piala Dunia FIFA 2022 Qatar, arena ini telah dirancang untuk merayakan budaya dan tradisi Arab, seperti halnya turnamen itu sendiri.

Bentuk stadion yang bulat dan berani mencerminkan gahfiya (songkok, peci, atau kopiah kalau di Indonesia)– topi tenun tradisional yang dipakai oleh pria dan anak laki-laki di seluruh Timur Tengah selama berabad-abad. Kapasitas stadion ini mencapai 40.000 kursi.

Setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022 berakhir, kapasitas Stadion Al Thumama akan dikurangi untuk memenuhi kebutuhan lokal dan menyediakan infrastruktur olahraga berkualitas untuk negara berkembang. Sisanya 20.000 kursi arena akan digunakan untuk sepak bola dan acara olahraga lainnya.

6. Stadion Education City

Stadion Education City

Education City adalah pusat pengetahuan dan inovasi yang dinamis di Qatar. Dijantung kota ini berdiri megah Stadion Education City berkapasitas 40.000 tempat duduk. Berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Doha, stadion ini dapat digapai dengan mudah melalui jalan darat atau metro.

Seperti semua stadion Piala Dunia FIFA Qatar 2022, teknologi pendinginan canggih memastikan suhu yang nyaman sepanjang tahun untuk pemain dan penonton, sementara akses untuk penonton penyandang disabilitas sangat baik. Mereka yang mencari kenyamanan lebih dapat menikmati permainan dari area keramahan dan VIP.

Pemandangan di sekitar Stadion Education City dipenuhi dengan universitas-universitas terkemuka. Kapasitas arena akan dikurangi setengahnya dan 20.000 kursi akan disumbangkan untuk membangun stadion di negara berkembang.

7. Stadion Internasional Khalifa

Stadion Internasional Khalifa

Stadion Internasional Khalifa merupakan stadion paling bersejarah di Qatar. Dibangun pada tahun 1976 di Al Rayyan, stadion berkapasitas 40.000 kursi ini telah menjadi tempat penyelenggaraan banyak acara olahraga terkenal, seperti Asian Games, Arabian Gulf Cup dan Piala Asia AFC.

Terletak di pusat semua venue 2022, Stadion Internasional Khalifa akan memainkan peran penting dalam turnamen ini, yang geografi uniknya dan sistem transportasi canggihnya akan menjadikannya kompetisi sepak bola internasional dengan koneksi terbaik yang pernah ada.

Untuk menyambut Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Stadion Internasional Khalifa tampil dengan wajah dan teknologi baru. Tingkat baru telah menambahkan 12.000 kursi dan seluruh stadion memiliki fasad baru yang indah. Sementara pencahayaan pitch LED dan lampu sorot digital menghadirkan dimensi baru pada pengalaman penonton.

8. Stadion Lusail

Stadion Lusail - stadion Piala Dunia FIFA Qatar 2022

Ini adalah salah satu stadion terbesar di dunia dengan 80.000 kursi. Babak final Piala Dunia FIFA Qatar 2022 akan digelar di stadion megah ini.

Desain Stadion Lusail terinspirasi dari interaksi cahaya dan bayangan yang menjadi ciri khas lampion fanar. Bentuk dan fasadnya menggemakan motif dekoratif yang rumit pada mangkuk, bejana, dan karya seni lainnya yang ditemukan di seluruh dunia Arab dan Islam selama kebangkitan peradaban di wilayah tersebut.

Setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022 berakhir, Stadion Lusail akan diubah menjadi ruang komunitas termasuk sekolah, toko, kafe, fasilitas olahraga, dan klinik kesehatan. Pusat komunitas serba guna ini akan memungkinkan orang menemukan semua yang mereka butuhkan di bawah satu atap – atap asli stadion sepak bola.

Selama konversi, sebagian besar dari 80.000 kursi stadion akan dipindahkan dan disumbangkan untuk proyek olahraga, membawa warisan luar biasa arena ini – dan sedikit sejarah Piala Dunia FIFA – ke lokasi di seluruh dunia.

Referensi

  1. Supreme Committee for Delivery & Legacy (teks dan gambar)
Tags: , ,

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed