Servis dalam bola voli diartikan sebagai?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Servis dalam bola voli diartikan sebagai?


Bola voli adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim dalam sebuah lapangan persegi panjang yang dipisahkan oleh net atau jaring.

Tujuan dari permainan bola voli adalah untuk melempar bola melewati net untuk menjatuhkannya ke lapangan lawan, dan untuk mencegah upaya yang sama dari lawan. Tim memiliki tiga pukulan untuk mengembalikan bola (selain kontak blok).

Permainan bola voli dimulai dengan servis. Penyervis (server) memukul bola melewati net ke lawan. Reli berlanjut sampai bola mendarat di lapangan lawan, keluar area bermain, atau tim gagal mengembalikannya dengan benar.

Servis dalam bola voli

Servis dalam bola voli adalah tindakan memasukkan bola ke dalam permainan, oleh pemain kanan belakang, yang ditempatkan di zona servis.

Secara harfiah, servis (dari bahasa Inggris ‘serve‘) berarti menyajikan. Kaitannya dalam permainan bola voli, servis dapat berarti sebagai penyajian bola pertama.

Servis dilakukan pada zona servis, sebuah area selebar 9 m di belakang setiap garis akhir. Secara lateral zona servis dibatasi oleh dua garis pendek, masing-masing sepanjang 15 cm, ditarik 20 cm di belakang garis akhir sebagai perpanjangan dari garis samping.

Kedua garis pendek tersebut termasuk dalam lebar zona servis. Dan secara mendalam, zona servis meluas hingga ke ujung zona bebas.

Servis harus dilakukan dengan benar dan sesuai aturan agar tidak dinyatakan salah atau fault yang artinya poin bagi lawan dalam sistem reli. Berikut adalah pelaksanaan servis yang benar menurut FIVB (Federasi Bola Voli Internasional):

  • Bola harus dipukul dengan satu tangan atau sebagian lengan setelah dilempar atau dilepaskan dari tangan.
  • Hanya satu lemparan atau pelepasan bola yang diperbolehkan. Menggiring bola atau menggerakkan bola dengan tangan diperbolehkan.
  • Pada saat pukulan servis atau lepas landas untuk servis lompat (jumping), server tidak boleh menyentuh lapangan (termasuk garis akhir) atau lantai di luar zona servis. Setelah pukulan itu, dia boleh melangkah atau mendarat di luar zona servis, atau di dalam lapangan.
  • Server harus memukul bola dalam waktu 8 detik setelah peluit wasit pertama untuk servis.
  • Servis yang dilakukan sebelum peluit wasit dibatalkan dan diulangi.

Sementara itu, servis dinyatakan salah jika server melanggar perintah servis atau tidak menjalankan servis dengan benar. Kesalahan servis juga dapat terjadi setelah bola dipukul meski dengan pelaksanaan yang benar, misalnya jika menyentuh pemain dari tim yang melakukan servis atau bola keluar.


Dari bahasan singkat di atas kita bisa mendapatkan jawaban bahwa servis dalam bola voli diartikan sebagai penyajian bola pertama.

Referensi

  1. “Official Volleyball Rules 2017-2020.” FIVB (dalam bahasa Inggris). Diakses 12 Oktober 2021. File PDF.
Tags:

Lihat juga