Sejarah Tenis Meja Beserta Linimasanya

Tenis meja atau ping pong adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Sejarah tenis meja dapat ditelusuri hingga lebih satu abad yang lampau yang bermula saat adaptasi permainan tenis rumput ke meja makan dengan peralatan improvisasi.

Sejarah Tenis Meja

Sumber: Pixabay (Lisensi Creative Commons)

Permainan tenis meja disebutkan dikembangkan setelah tenis lapangan menjadi populer pada tahun 1880-an. Permainan aksi paling awal dari tenis di atas meja adalah satu set yang dibuat oleh David Foster, dipatenkan di Inggris pada tahun 1890, yang termasuk versi meja dari tenis lapangan, kriket, dan sepak bola.

Seiring berjalannya waktu, banyak versi indoor daripada permainan tenis lapangan dikembangkan. Akan tetapi, tak satu pun dari game aksi tersebut yang berhasil, karena bola yang tidak efektif: bola karet memiliki pantulan yang terlalu liar, sedangkan bola gabus memiliki pantulan yang terlalu buruk.

Baru sekitar tahun 1900-an, ketika bola seluloid diperkenalkan ke dalam permainan, konsep tenis di atas meja menjadi sukses. Suara berbeda dari bola seluloid yang memantul dari raket drum membuat permainan ini disebut ping pong, nama yang berasal dari sebuah lagu tahun 1884 oleh Harry Dacre.

Permainan tenis di atas meja tersebut dengan cepat menarik perhatian publik, dipasarkan dengan berbagai nama:

  • Ping pong atau gossima
  • Pingpong
  • Tenis meja
  • Waff
  • Tenis ruang tamu
  • Tenis dalam ruangan
  • POM pom
  • Pim-pam
  • Netto
  • Clip-clap
  • Royal game
  • Tennis de salon
  • dan lain-lain.

Lambat laun, dua nama paling populer berlaku: ping pong dan tenis meja. Namun, nama-nama yang bersaing ini menyebabkan beberapa masalah, karena dua asosiasi dibentuk, dan dengan aturan yang berbeda untuk permainan tersebut menyebabkan beberapa kebingungan. Akan tetapi, demi kemajuan tenis meja, ikatan komersial atas olahraga tersebut diputuskan.

Linimasa Tenis Meja

Berikut adalah beberapa kejadian penting dalam linimasa tenis meja.

1880-an: Adaptasi tenis rumput ke meja makan dengan peralatan improvisasi

1883: Paten Slazenger, jaring untuk permainan, menyebutkan tenis di atas meja

1885: James Devonshire (Inggris) diberikan paten sementara untuk “Tenis Meja” nya, ditinggalkan tahun 1887

1890-an: Beberapa paten terdaftar di Inggris dan Amerika Serikat. Game aksi tenis meja paling awal yang masih ada: David Foster’s Parlour Table Games, Inggris 1890. Set yang diproduksi dengan nama dagang seperti gossima, dan tenis dalam ruangan, dengan aturan gaya tenis rumput

1900: Pengenalan bola seluloid untuk menggantikan bola karet dan gabus. Bola seluloid memiliki pantulan sempurna, dan permainan menjadi sukses besar

1901: Asosiasi Tenis Meja dan saingannya Asosiasi Ping Pong dibentuk di Inggris; digabung pada tahun 1903; Buku pertama tentang permainan ini diterbitkan di Inggris; Permainan ini diperkenalkan di Tiongkok melalui permukiman Barat & misi perdagangan

1926: Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) dimulai di Berlin; Kejuaraan Dunia Pertama diadakan di London, Inggris. Konstitusi ITTF diadopsi, bersama dengan hukum standar pertama.

1936: Kejuaraan Dunia Kesepuluh diadakan di Praha, Cekoslowakia. Reli terpanjang terjadi, poin pertama memakan waktu lebih dari dua jam karena gaya bermain yang mendorong.

1937: Penurunan jaring menjadi 6 inci (15,24 cm) mendorong lebih banyak gaya menyerang, dan batas waktu diberlakukan pada pertandingan.

1939: Kejuaraan Dunia Pertama diadakan di luar Eropa: Kairo, Mesir

1946: Karena Perang Dunia II, ITTF menghentikan kegiatannya, & tidak ada Kejuaraan Dunia yang diadakan

1947: ITTF melanjutkan aktivitas; Kejuaraan Dunia diadakan di Paris, tetapi Richard Bergmann (Inggris), Juara Tunggal Dunia, tidak diizinkan untuk berpartisipasi oleh Montagu karena Bergmann menerima uang untuk permainan eksibisi selama tahun-tahun Perang tanpa izin resmi.

1952: Kejuaraan Dunia Kesembilan Belas diadakan di Mumbai, India yang pertama dipentaskan di Asia. Masuknya Jepang ke kancah internasional; Hiroji Satoh (Jepang) menjadi pemain pertama yang memenangkan Kejuaraan Dunia saat menggunakan raket yang dilapisi spons tebal dan merupakan pemenang non-Eropa pertama; Peresmian Federasi Asia & Kejuaraan Federasi Asia Pertama.

1953: Cina memasuki Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya. Bat spons tebal menyebabkan kontroversi besar selama beberapa tahun ke depan.

1959 Rong Guotuan (CHN) adalah juara dunia Tiongkok pertama dalam olahraga apa pun; Hukum standarisasi raket diberlakukan

1960 Pertandingan Paralimpiade Pertama di Roma, termasuk Tenis Meja

1971 Kejuaraan Persemakmuran Pertama diadakan di Singapura; Diplomasi Ping Pong: tenis meja memainkan peran penting dalam diplomasi internasional ketika beberapa tim diundang ke China untuk serangkaian pertandingan persahabatan setelah Kejuaraan Dunia 1971. Perdana Menteri China Zhou Enlai: “Kunjungan Anda ke China telah membuka pintu untuk pertukaran orang-ke-orang antara China dan AS.”

1977: ITTF menerima pernyataan resmi pengakuannya oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC)

1988: Untuk pertama kalinya, tenis meja ditampilkan dalam Olimpiade yang diadakan di Seoul, Korea Selatan

1996: Awal Tur Pro ITTF, dengan acara-acara yang berlangsung di seluruh dunia

2000: Setelah Olimpiade di Sydney, ukuran bola ditingkatkan menjadi 40 mm untuk meningkatkan tampilan televisi

2001: Skor pertandingan berubah dari 21 menjadi 11 poin.

2002: Pelaksanaan ITTF World Junior Circuit (U18) dan World Cadet Challenge (kompetisi tim kontinental U15)

2003: Kejuaraan Junior Dunia ITTF Pertama di Santiago, Chili; Kejuaraan Tim terpisah dari acara individu, diadakan dalam tahun-tahun bergantian

2016: Bola plastik digunakan di Kejuaraan Dunia & Olimpiade

Referensi

  1. History of Table Tennis” (dalam bahasa Inggris). International Table Tennis Federation (ITTF). Diakses 3 November 2020.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Sedang Trending
Menu