Mengenal Olahraga Rowing (Dayung)

Rowing atau dayung_
Sumber: Pixabay (Lisensi Creative Commons)

Rowing adalah sejenis olahraga yang dimainkan di atas permukaan air, seperti di sungai atau danau. Rowing sendiri berarti mendayung dalam bahasa Indonesia, yang didefinisikan sebagai menggerakkan perahu dengan menggunakan dayung tetap sebagai tuas.

Aktivitas mendayung tentu bukan hal yang aneh bagi banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di sekitar perairan. Namun olahraga dayung mungkin bukan sesuatu yang populer di tengah masyarakat kita. Meski demikian, Indonesia termasuk salah satu kekuatan olahraga dayung di kawasan Asia Tenggara.

Sejarah Rowing

Dayung pertama kali digunakan sebagai alat transportasi di Mesir kuno, Yunani dan Roma. Sebagai olahraga, rowing mungkin dimulai di Inggris pada abad ke-17 dan awal abad ke-18, dengan perlombaan perahu universitas Oxford-Cambridge, yang diresmikan pada tahun 1828. Pada abad ke-19, dayung populer di Eropa dan telah diekspor ke Amerika.

Dalam olahraga modern, para pendayung berlomba satu sama lain sebagai individu atau dalam kelompok yang terdiri dari dua, empat atau delapan orang. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori, yaitu sculling dan sweep rowing. Pada acara sculling pedayung menggunakan dua dayung, sedangkan dalam sweep, pendayung memegang satu.

Rowing di Olimpiade

Rowing telah dipentaskan di semua edisi Olimpiade, kecuali pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Namun, itu ada dalam program, tetapi badai laut memaksa penyelenggara untuk membatalkan acara tersebut. Atlet rowing putri melakukan debut mereka di Olimpiade pada tahun 1976 di Montreal, Kanada. Olimpiade pada tahun 1996 di Atlanta menandai pengenalan nomor lightweight.

Pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, rowing terdiri 14 nomor yang dipertandingkan, termasuk sculling dan sweep rowing. Ada juga satu nomor lightweight (berat badan terbatas) untuk setiap jenis kelamin: lightweight double sculls. Nomor sculling termasuk tunggal putra dan putri, ganda, ganda lightweight, dan quads. Nomor sweep meliputi pasangan coxless putra dan putri, coxless fours, dan eights (delapan pedayung).

Rowing di Indonesia

Rowing di Indonesia termasuk olahraga yang masih kurang populer. Meski demikian, atlet dayung ini memiliki prestasi yang cukup baik di kawasan Asia Tenggara. Pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2021 di Vietnam, atlet dayung Indonesia berhasil merebut 8 medali emas dari total 16 nomor yang dipertandingkan.

Di tingkat Asia, atlet dayung Indonesia berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga ini untuk pertama kalinya pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang melalui nomor lightweight coxed eight. Sementara di Olimpiade, atlet Indonesia bulum ada yang berhasil memenangkan medali.

Referensi

  1. History of Rowing
  2. List of Asian Games medalists in rowing
  3. Rowing at the 2021 Southeast Asian Games
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed