Raket yang Seimbang atau Even-balanced

Salah satu parameter yang perlu diperhatikan sebelum membeli raket bulu tangkis adalah titik keseimbangannya (balance point). Titik keseimbangan terletak di sepanjang poros raket. Ini hanyalah titik di mana Anda dapat menyeimbangkan raket di jari Anda.

Titik Keseimbangan Raket Bulu Tangkis

Secara garis besar, titik keseimbangan raket bulu tangkis ada tiga, yaitu head-heavy (berat raket condong ke kepala), head-light (berat condong ke gagang), dan even-balanced (berat seimbang).

Keseimbangan raket (balance point) - Raket yang Seimbang atau Even-balanced

Dalam satuan angka, raket head-heavy adalah raket dengan titik keseimbangan di atas 295 mm. Jarak ini didapatkan dengan mengukurnya dari bagian bawah gagang raket. Jadi, jika misalkan sebuah raket memiliki titik keseimbangan di angka 300 mm, maka raket tersebut masuk kategori head-heavy.

Untuk raket head-light, satuan angkanya adalah kurang dari 285 mm. Sedangkan raket even-balanced umumnya berada di kisaran 285 – 295 mm.

Ketiga titik keseimbangan raket ini memiliki profil yang berbeda-beda. Raket head-heavy umumnya identik dengan permainan ofensif dan agresif. Sedangkan raket head-light identik dengan kecepatan dan kontrol.  Lalu raket yang seimbang identik dengan permainan all-round atau serba bisa.

Raket Seimbang / Even-balanced

Raket seimbang adalah di mana berat raket didistribusikan secara merata di seluruh raket. Ini artinya berat raket tidak condong ke bagian kepala dan tidak condong ke bagian gagang.

Pabrikan atau penjual raket biasanya akan memberikan informasi terkait titik keseimbangan raket, baik dalam bentuk bagan / peta atau dalam bentuk angka. Seperti telah disebutkan di atas, titik keseimbangan raket seimbang ada di angka 285 hingga 295 mm.

Raket yang seimbang bisa dibilang untuk semua level pemain dan gaya permainan. Maka dari itu raket ini sering disebut sebagai raket serba bisa atau all-around.

Raket seimbang tidak hanya mampu menghasilkan tenaga dengan baik, tapi juga menawarkan penanganan yang mudah. Maka dari itu, raket ini biasanya populer di kalangan pemain ganda.

Pemain yang mengombinasikan pukulan lob atau clear, drop, dan smash dalam permainan mereka sangat dianjurkan untuk memilih raket seimbang. Jadi, bisa disimpulkan kalau raket yang seimbang sangat cocok untuk pemain bulu tangkis yang bertipe all-round.

Raket Even-balanced Populer

  • Victor Thruster F (Praveen Jordan & Hendra Setiawan)
  • Yonex ArcSaber 11
  • Victor DriveX-9X B (Greysia Polii & Apriyani Rahayu)

Lihat Juga

Referensi

  1. Even Balanced Racquets (All Rounder) – Easier Handling, Suitable For Doubles Players.” Badminton Click (dalam bahasa Inggris). Diakses 19 September 2021.
  2. Understanding the Balance Point of Badminton Rackets.” NYDHI (dalam bahasa Inggris). Diakses 19 September 2021.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu