Raket yang Ringan atau Head-light

Raket yang ringan atau head-light adalah raket yang titik keseimbangannya lebih condong ke bagian gagang. Raket jenis ini populer di antara pemain-pemain ganda yang perlu bereaksi cepat terhadap smash lawan.

Dengan bobot yang condong ke arah gagang, raket head-light akan terasa lebih ringan ketika diayunkan dan lebih mudah dikontrol. Ini membuatnya ideal untuk pemain kontrol atau yang mengandalkan kecepatan dalam permainannya.

Selain menawarkan banyak kecepatan di depan net, raket head-light juga dapat diandalkan untuk menunjang pukulan-pukulan drive dalam reli-reli cepat.

Memilih Raket Head-light

Memilih raket yang ringan tidaklah sulit. Biasanya pabrikan atau penjual akan menginformasikan titik keseimbangan raket dalam deskripsi produk mereka.

Dalam satuan angka, raket head-light memiliki titik keseimbangan kurang dari 285 mm. Ini merupakan jarak yang dihitung dari bagian bawah gagang raket.

Jadi, jika Anda dapat menyeimbangkan raket di jari Anda dan titik keseimbangannya berada pada jarak 280 mm dari ujung gagang raket, maka raket tersebut berjenis head-light.

Seri Raket Head-light Populer

Raket head-light biasanya identik dengan raket tipe speed atau kecepatan. Ini adalah raket yang dirancang untuk pemain yang menggunakan kecepatan, kelincahan, dan kemahiran untuk memenangkan poin.

Yonex, salah satu merek bulu tangkis terbesar dan terpopuler di dunia, menawarkan dua seri raket tipe kecepatan yang sebagian besar modelnya ada di kategori raket head-light. Kedua seri tersebut yaitu Nanoflare dan Nanoray.

Seri Nanoflare menawarkan raket yang memungkinkan pemain untuk mengakses kecepatan pada setiap pukulan dalam raket lampu depan yang dibuat untuk kekuatan. Sedangkan raket seri Nanoray dibuat dengan karakteristik ramping,  aerodinamis, dan cepat.

Victor, merek bulu tangkis populer lainnya, juga memiliki seri raket yang menawarkan beragam model raket head-light. Yang paling populer adalah seri JetSpeed.

Lihat Juga

Referensi

  1. Head Light Badminton Racquets (Control Player).” Badminton Click (dalam bahasa Inggris). Diakses 26 September 2021.
  2. How To Choose A Badminton Racket.” Singapore Sports Council (dalam bahasa Inggris). Diakses 26 September 2021.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu