Permainan sepak bola berasal dari negara?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Permainan sepak bola berasal dari negara?


Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh semua kalangan, dari anak-anak di lapangan-lapangan kecil, di jalanan kosong, hingga pemain profesional stadion-stadion raksasa yang mampu menampung puluhan bahkan ratusan ribu penonton.

Tidak hanya menarik disaksikan secara langsung dengan mata telanjang, permainan sepak bola juga sangat menarik ditonton di layar-layar televisi dan ponsel. Laga sepak bola profesional bisa ditonton oleh miliaran orang di seluruh dunia. Tak heran jika industri sepak bola bernilai triliunan rupiah.

Sejarah sepak bola

Bentuk paling awal dari permainan sepak bola yang diketahui dikembangkan di Tiongkok sekitar tahun 500 SM. Nama permainan itu adalah ‘cuju’ yang dapat diartikan sebagai ‘tendang bola’.

Cuju juga dimainkan dengan bola bundar di area persegi. Bola yang digunakan terbuat dari kulit dan tujuannya yaitu untuk menendang bola ke dalam jaring yang terbentang di antara dua tiang gawang.

Selanjutnya permainan ini menyebar ke luar Tiongkok, seperti ke Jepang yang dikenal dengan sebutan “kemari” dan dipraktikkan di bawah bentuk upacara.

FIFA selaku induk organisasi sepak bola internasional memandang cuju sebagai bentuk terawal dari sepak bola. Namun, bentuk permainan sepak bola yang kita kenal sekarang dikembangkan di Inggris pada pertengahan abad ke-19.

Perkembangan sepak bola di tanah Inggris sendiri sudah berkembang sejak abad ke-12. Pada saat itu permainan tim yang menyerupai sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan di Inggris.

Di permainan itu bola bisa dilempar, ditendang, atau dibawa ke gawang lawan. Ada sangat sedikit aturan dan permainan sering kali liar dan kasar. Permainan itu berulang kali dilarang oleh pihak berwenang karena kekerasan dan cedera yang ditimbulkannya.

Pada tahun 1848, sebuah pertemuan diadakan di Cambridge untuk merumuskan aturan yang tepat untuk permainan sepak bola. Akan tetapi, solusi akhir untuk semua pertanyaan tentang peraturan disebutkan tidak tercapai.

Lalu tahun 1863 berdirilah Asosiasi Sepak Bola (Football Association) dan pada tahun yang sama dibuat pula Hukum Permainan (Laws of the Game). Pada waktu itu diputuskan bahwa membawa bola dengan tangan tidak lagi diizinkan. Selain itu, dihasilkan pula standarisasi ukuran dan berat bola yang digunakan.

Pada tahun 1882 dibentuk International Football Association Board (IFAB), dan organisasi ini masih mengawasi aturan main. Kemudian FIFA (Federation Internationale de Football Association) didirikan pada tahun 1904 untuk menjalankan kompetisi internasional, salah satunya Piala Dunia.

Berikut adalah beberapa linimasa penting dalam sepak bola:

  • 1891: Tendangan penalti diperkenalkan.
  • 1913: FIFA menjadi anggota Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional Inggris.
  • 1970: Kartu merah dan kuning diperkenalkan pada putaran final Piala Dunia waktu itu.
  • 1992: Kiper dilarang melakukan operan kembali yang disengaja.
  • 1998: Tekel dari belakang menjadi penalti kartu merah

Dari bahasan singkat di atas kita bisa mendapatkan jawaban bahwa permainan sepak bola yang kita kenal saat berasal dari negara Inggris. Sedangkan bentuk paling sepak bola yang diakui FIFA berasal dari Tiongkok.

Referensi

  1. Football history.” Footballhistory.org (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 Oktober 2021.
  2. Football Vocabulary.” EnglishClub (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 Oktober 2021.
Tags:

Lihat juga