Permainan rounders berasal dari negara?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Permainan rounders berasal dari negara?


Rounders adalah salah satu permainan yang cukup populer di kalangan anak-anak sekolah. Rounders identik dengan kasti di Indonesia. Keduanya memiliki teknik dan peraturan permainan yang sama, namun bentuk lapangannya sedikit berbeda.

Tidak diketahui secara pasti dari mana permainan rounders berasal. Namun banyak litetatur yang menyebutkan kalau rounderd berasal dari tanah Inggris.

Sejarah rounders

Sejarah permainan rounders dapat ditelusuri hingga era Tudor yang terjadi antara tahun 1485 dan 1603. Ini artinya rounders sudah berusia ratusan tahun dan hingga kita masih cukup populer di kalangan anak-anak sekolah sebagai permainan musim panas yang menyenangkan.

Permainan rounders pertama kali dirujuk dan disebutkan dalam sebuah buku dari tahun 1744 berjudul A Little Pretty Pocket Book. Namun seorang ahli sastra bernama John Newbery merujuk permainan tersebut sebagai bisbol.

Meskipun referensi ke bisbol di Inggris ada sebelum istilah rounders, diperkirakan bahwa rounders lebih tua. Bahkan ada yang menyebut kalau rounders adalah leluhur dari bisbol.

Pada tahun 1844, aturan formal rounders dibuat di Irlandia. Selanjutnya pada tahun 1889 asosiasi permainan rounders dibentuk di Liverpool dan Skotlandia.

Pada tahun 1943, National Rounders Association dibentuk dan ini dirancang untuk mempromosikan rounders. Asosiasi ini juga menciptakan seperangkat aturan bahasa Inggris untuk permainan tersebut.


Dari bahasan singkat di atas kita mengetahui kalau permainan rounders berasal dari negara Inggris.

Referensi

  1. Britannica, The Editors of Encyclopaedia. “rounders”. Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses 3 Desember 2021.
  2. History of Rounders.” Big Game Hunters (dalam bahasa Inggris). Diakses 3 Desember 2021.
  3. Tudor period.” Wikipedia (dalam bahasa Inggris). Diakses 3 Desember 2021.

Lihat juga