Mengapa Bulu Tangkis Sangat Populer di Asia?

Bulu tangkis adalah olahraga yang identik dengan Asia. Tak lain karena olahraga ini sangat populer di benua tersebut. Di tiga dari empat negara berpenduduk terbanyak di dunia, popularitas bulu tangkis sangat tinggi. Ketiga negara tersebut adalah China, India, dan Indonesia.

Jumlah orang yang sangat besar di Asia yang memainkan bulu tangkis dan dominasi benua dalam kompetisi internasional adalah dua contoh alasan yang mencerminkan popularitas bulu tangkis di Asia. Ini diperkuat oleh atensi media-media lokal yang gencar memberitakan olahraga tepok bulu ini.

Sejak bulu tangkis diperkenalkan sebagai acara Olimpiade di Barcelona pada tahun 1992, hanya tiga dari 39 medali emas yanh dimenanhkan atlet non-Asia. Dan pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 yang diadakan di Swiss, semua kecuali satu dari 20 medali yang ditawarkan jatuh ke Asia. Keberhasilan seperti itu membantu permainan di semua level di benua itu.

“Kami semua ingin terlibat dalam sesuatu yang kami kuasai,” kata Michelle Chai, mantan manajer umum Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). “Badminton adalah olahraga yang Asia telah lakukan dengan baik di tingkat internasional dan dunia, dan ini adalah alasan besar mengapa permainan ini sangat populer.” Dominasi pemain bulu tangkis Asia di level atas membantu menginspirasi orang lain untuk mengambil raket, yang pada gilirannya menciptakan basis bermain yang sehat. Menurut survei tahun 2018 yang dilakukan oleh BAM, satu dari delapan orang Malaysia bermain lebih banyak bulu tangkis daripada sepak bola, yang biasanya dianggap sebagai permainan favorit nasional. “Ini adalah olahraga yang paling banyak diikuti di negara ini,” kata Chai, yang menempatkan popularitas bulu tangkis pada dua faktor: “Keberhasilan kami … dan kemudahan yang Anda gunakan untuk memainkannya.”

“Badminton membutuhkan sedikit ruang dan merupakan olahraga yang ramah ekonomi,” kata Haresh Deol, salah satu pendiri Twentytwo13, situs berita yang berbasis di Kuala Lumpur. “Yang Anda butuhkan hanyalah raket dan shuttlecock, dan bahkan tanpa jaring, dua pemain sudah bisa memainkan versi sederhana dari olahraga ini, yang umum di banyak lingkungan di Malaysia.”

Jadi, ada banyak hal yang membuat bulu tangkis sangat populer di Asia. Prestasi, kemudahan, dan ramah di kantong (ekonomis) adalah beberapa pendorong banyaknya orang Asia yang sangat menyukai olahraga ini. Dan olahraga ini memang seperti dibuat untuk orang Asia karena kecepatan permainan dan kelincahan pemain Asia saling melengkapi satu sama lain.

Sumber

Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed