Lapangan Futsal: Ukuran dan Peraturan

Futsal adalah permainan sepak bola dalam ruangan yang dimainkan di atas lapangan yang lebih kecil dari lapangan bola. Berikut ini adalah peraturan mengenai lapangan futsal yang dikeluarkan oleh FIFA.

Dimensi

Gambar lapangan futsal FIFA

Sumber: FIFA

Seperti halnya lapangan bola, lapangan futsal juga berbentuk persegi panjang, di mana panjang garis sentuh harus lebih besar dari panjang garis gawang. FIFA telah menetapkan ukuran lapangan futsal sebagai berikut:

Untuk pertandingan non-internasional

  • Panjang: minimum 25 m, maksimum 42 m
  • Lebar: minimum 16 m, maksimum 25 m

Untuk pertandingan internasional

  • Panjang: minimum 38 m, maksimum 42 m
  • Lebar: minimum 20 m, maksimum 25 m

Permukaan Lapangan

Menurut FIFA, pertandingan futsal harus dimainkan di permukaan yang datar, halus dan tidak abrasif. Permukaan sebaiknya terbuat dari kayu atau bahan buatan, sesuai dengan aturan kompetisi. Permukaan dari bahan beton atau aspal harus dihindari.

Beberapa lapangan futsal juga ada yang menggunakan rumput sintetis. Dalam penggunaannya, lapangan rumput sintetis diperbolehkan dalam kasus luar biasa dan hanya untuk kompetisi domestik. Jadi, jika Anda memiliki lapangan futsal sendiri, Anda sah-sah saja jika ingin menggunakan rumput sintetis sebagai permukaan lapangan.

Tanda Lapangan

Lapangan futsal harus ditandai dengan garis. Garis-garis ini termasuk dalam area yang menjadi batasnya dan harus dapat dibedakan dengan jelas dari warna nada.

Dua garis batas yang lebih panjang disebut garis sentuh, sedangkan dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang. Lapangan dibagi menjadi dua bagian oleh garis tengah, yang menghubungkan titik tengah dari dua garis sentuh.

Tanda tengah ditunjukkan pada titik tengah garis tengah. Sebuah lingkaran dengan jari-jari 3 m ditandai di sekitarnya.

Tanda harus dibuat di luar lapangan, 5 m dari busur sudut dan pada sudut kanan ke garis gawang, untuk memastikan bahwa pemain bertahan mundur dari jarak ini ketika tendangan sudut dilakukan. Lebar tanda ini adalah 8 cm.

Dua tanda tambahan, masing-masing pada jarak 5 m ke kiri dan kanan tanda penalti kedua, harus dibuat di lapangan untuk menunjukkan jarak minimum yang harus mundur ketika tendangan dilakukan dari titik penalti kedua. Lebar tanda ini adalah 8 cm.

Area Penalti

Area penalti lapangan futsal

Sumber: FIFA

Dua garis khayal dengan panjang 6 m ditarik dari luar setiap tiang gawang dan tegak lurus terhadap garis gawang; pada akhir garis-garis ini ditarik seperempat lingkaran ke arah garis sentuh terdekat, masing-masing dengan radius 6 m dari luar tiang gawang.

Bagian atas dari setiap seperempat lingkaran dihubungkan oleh sebuah garis sepanjang 3,16m yang berjalan sejajar dengan garis gawang di antara kedua tiang gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah area atau daerah penalti.

Dalam setiap area penalti, titik penalti dibuat 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang dan berjarak sama dengan tiang gawang.

Tanda Penalti Kedua

Tanda kedua dibuat 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang dan berjarak sama dengannya.

Busur Sudut

Seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm dari setiap sudut dibuat di dalam lapangan.

Gawang

gawang lapangan futsal

Sumber: FIFA

Gawang harus ditempatkan di tengah setiap garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang tegak yang berjarak sama dari sudut-sudut dan di bagian atas dihubungkan oleh mistar gawang horizontal.

Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari kayu, logam atau bahan lain yang disetujui. Mereka harus berbentuk persegi, persegi panjang, bulat atau elips dan tidak boleh berbahaya bagi pemain. Jarak (pengukuran dalam) antara tiang adalah 3 m dan jarak dari tepi bawah mistar gawang ke tanah adalah 2 m.

Kedua tiang gawang dan mistar gawang memiliki lebar dan kedalaman yang sama, 8 cm. Jaring harus terbuat dari rami, goni atau nilon atau bahan lain yang disetujui dan dipasang pada bagian belakang tiang gawang dan mistar gawang dengan alat penyangga yang sesuai. Mereka harus didukung dengan baik dan tidak boleh mengganggu penjaga gawang.

Tiang gawang dan mistar gawang harus berwarna berbeda dari lapangan. Gawang harus memiliki sistem penstabil yang mencegahnya terbalik. Gawang portabel hanya dapat digunakan jika memenuhi persyaratan ini.

Lihat Juga

Referensi

  1. “Futsal Laws of the Game.” FIFA (dalam bahasa Inggris). Diakses 1 Juli 2021. File PDF.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu