Lama permainan sepak bola adalah?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Lama permainan sepak bola adalah?


Sepak bola adalah salah satu permainan yang durasinya sudah ditentukan. Pemain harus mencetak gol sebanyak mungkin sebelum waktu bermain habis.

Tim dengan gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Jika waktu bermain habis (termasuk waktu tambahan) dan gol masih seri, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan adu penalti.

Tidak semua pertandingan yang berakhir tanpa gol atau gol yang tercipta sama berakhir dengan adu penalti. Ini hanya diterapkan pada kompetisi ketika sudah masuk fase gugur.

Lama permainan sepak bola

Dalam Hukum Permainan FIFA disebutkan bahwa pertandingan sepak bola berlangsung selama dua babak yang sama selama 45 menit. Jadi, satu pertandingan penuh sepak bola dilakukan dalam durasi 90 menit.

Aturan terkait durasi pertandingan ini tidak tetap alias masih bisa diubah. Durasi hanya dapat dikurangi jika disepakati antara wasit dan kedua tim sebelum dimulainya pertandingan dan jika sesuai dengan peraturan kompetisi.

Setelah babak pertama berakhir, pemain berhak atas jeda selama tidak lebih dari 15 menit. Aturan FIFA juga memperbolehkan pemain untuk istirahat minum sejenak (short drinks break) dengan durasi tidak lebih dari satu menit pada interval waktu paruh dalam waktu tambahan.

Tidak hanya itu, dalam Hukum Permainan juga ada aturan kelonggaran untuk waktu yang hilang. Kelonggaran ini dibuat oleh wasit di setiap babak untuk semua waktu yang hilang di babak itu melalui:

  • substitusi atau penggantian pemain
  • penilaian dan/atau pemindahan pemain yang cedera
  • membuang-buang waktu
  • sanksi disiplin
  • penghentian medis yang diizinkan oleh peraturan kompetisi, mis. istirahat ‘minum’ (yang tidak boleh lebih dari satu menit) dan istirahat ‘pendinginan’ (sembilan puluh detik hingga tiga menit).
  • penundaan terkait ‘pemeriksaan’ dan ‘ulasan’ VAR
  • penyebab lain apa pun, termasuk penundaan signifikan apa pun untuk memulai ulang permainan (seperti selebrasi gol)

Ofisial keempat menunjukkan waktu tambahan minimum yang ditentukan oleh wasit pada akhir menit terakhir setiap babak. Waktu tambahan dapat ditambah oleh wasit tetapi tidak dikurangi. Wasit tidak boleh mengkompensasi kesalahan penunjuk waktu selama babak pertama dengan mengubah panjang babak kedua.


Dari bahasan singkat di atas kita bisa mendapatkan jawaban bahwa lama permainan sepak bola adalah 90 menit yang dibagi menjadi dua babak masing-masing selama 45 menit.

Referensi

  1. “Laws of the Game 20/21.” FIFA (dalam bahasa Inggris). Diakses 11 Oktober 2021. File PDF.
Tags:

Lihat juga