Kompetisi bulu tangkis pertama di dunia adalah?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Kompetisi bulu tangkis pertama di dunia adalah?


Bulu tangkis adalah sebuah permainan raket yang mempunyai sejarah panjang. Meski tidak jelas dari mana asal bulu tangkis, tapi permainan ini disebutkan berevolusi dari permainan bernama battledore and shuttlecock yang telah dimainkan anak-anak di Eropa selama berabad-abad.

Jika ditelusuri lebih jauh, permainan battledore and shuttlecock itu sendiri berakar dari permainan dengan kok yang telah ada sekitar 2000 tahun yang lalu di zaman kuno Tiongkok dan negara-negara Asia lainnya. Selengkapnya tentang asal-usul bulu tangkis bisa cek bahasan ini.

Kompetisi bulu tangkis pertama

Kebanyakan kompetisi bulu tangkis modern pertama kali berlangsung di dararan Eropa. Kejuaraan Bulu Tangkis All England atau hanya All England menjadi kompetisi bulu tangkis pertama di dunia.

All England pertama kali dihelat pada 4 April 1899 di HQ London Scottish Regiment Drill Hall, Buckingham Gate. Turnamen ini berkembang setelah keberhasilan turnamen terbuka pertama di dunia yang diadakan di Guildford, Surrey, pada tahun 1898.

Akan tetapi, All England edisi pertama hanya terdiri dari tiga nomor, yaitu ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Sedangkan nomor tunggal putra dan putri baru ditambahkan pada edisi selanjutnya.

Dua turnamen pertama diberi nama “Badminton Association Tournament” dan dianggap sebagai Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia tidak resmi hingga 1977 ketika Federasi Bulu Tangkis Internasional meluncurkan kejuaraan resminya.

Sebagai informasi, Kejuaraan Bulu Tangkis All England pernah dihentikan dua kali, yaitu selama Perang Dunia I 1915-1919 dan Perang Dunia II 1940-1946. Pada tahun 2021 Kejuaraan juga sempat dikabarkan tidak akan dihelat akibat pandemi, tapi akhirnya berhasil terlaksana meski banyak kontroversi.

Kompetisi paling prestisius

Tidak hanya menjadi kompetisi bulu tangkis tertua di dunia, All England juga dianggap kompetisi bulu tangkis terbuka paling prestisius. Banyak pemain bermimpi untuk menjuarai All England.

Pemain Indonesia memiliki jejak yang bagus di All England. Salah satunya adalah rekor kemenangan 8x di nomor tunggal putra oleh legenda bulu tangkis Rudy Hartono yang hingga saat ini belum terpecahkan.


Dari bahasan singkat di atas, jawaban untuk pertanyaan “Kompetisi bulu tangkis pertama di dunia adalah?” adalah All England.

Referensi

  1. About The Championship.” allenglandbadminton.com (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021.
  2. “BWF Major Events – Bid Document 2.” BWF (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021. File PDF.
  3. Hinder, Geoff. “The Game of Battledore and Shuttlecock.” National Badminton Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021.
Tags:

Lihat juga