Panjat Tebing: Kiromal Katibin Mencetak 4 Rekor Dunia Speed!

Kiromal Katibin Panjat Tebing
Pemanjat Kirobal Katibin sedang beraksi dengan rekor dunianya di Swiss (foto: IFSC)

Indonesia adalah salah satu kekuatan dalam cabang olahraga panjat tebing nomor speed. Pada tahun 2022, salah satu atlet panjat tebing Indonesia di nomor speed, Kiromal Katibin berhasil mencetak empat rekor dunia dalam lima event yang ia ikuti.

Pada babak kualifikasi di Piala Dunia International Federation of Sport Climbing (IFSC) di Villars, Swiss, dari 30 Juni hingga 2 Juli 2022, ia berhasil memecahkan rekor dunia dua kali berturut-turut.

Diundi melawan pemanjat Man-hei Chung dari Hong Kong di ronde pertama, Kiromal Katibin berhasil menguasai tebing sendiri setelah start yang salah untuk pesaingnya, dan dia mengambil keuntungan penuh hanya dengan waktu 5,09 detik untuk mencapai titik akhir.

Tidak senang dengan rekor dunia ketiganya dalam empat event, Kiromal Katibin kembali untuk mengambil alih Lane B dan bahkan melaju lebih cepat pada 5,04 detik untuk mengklaim waktu terbaik dunia lainnya dan bergerak dalam jarak yang sangat dekat dengan sub-5.

Ada tiga atlet China yang menempati posisi empat besar di belakang Kiromal Katibin dengan Cao Long di urutan kedua dengan 5,21 detik, Long Jianguo ketiga dengan 5,22 detik , dan Wu Peng dengan 5,32 detik.

Panjat tebing menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Paris pada tahun 2024 mendatang. Ini bisa menjadi kesempatan besar bagi Indonesia untuk meraih medali emas pertama dari nomor speed.

Sumber

Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed