Induk Organisasi Bulutangkis Internasional

Induk organisasi bulutangkis internasional adalah BWF atau Badminton World Federation (bahasa Indonesia: Federasio Bulutangkis Dunia). Sebelum namanya yang sekarang, BWF dikenal dengan sebutan IBF atau International Badminton Federation (bahasa Indonesia: Federasi Bulutangkis Internasional).

Profil BWF

Induk Organisasi Bulutangkis Internasional

  • Didirikan: 5 Juli 1934
  • Didirikan di: London, Inggris
  • Wilayah layanan: Seluruh dunia
  • Kantor Pusat: Kuala Lumpur, Malaysia
  • Anggota: 196 member asosiasi
  • Presiden: Poul-Erik Høyer Larsen (Denmark)
  • Situs Web: www.bwfbadminton.org

BWF dibentuk pada tanggal 5 Juli 1934 di London, Inggris oleh asosiasi bulutangkis di sembilan negara, yaitu Kanada, Denmark, Inggris, Prancis, Belanda, Irlandia, Selandia Baru, Skotlandia dan Wales. Hingga saat ini, BWF telah berkembang menjadi induk organisasi olahraga yang besar, dengan 196 anggota di seluruh dunia.

Visi BWF

Visi BWF adalah memberi setiap anak kesempatan untuk bermain seumur hidup.

Misi BWF

Misi BWF adalah untuk memimpin dan menginspirasi semua pemangku kepentingan menghadirkan hiburan acara spektakuler, mendorong keterlibatan penggemar, menciptakan inisiatif pembangunan yang inovatif dan berkelanjutan, dan mendukung keanggotaan mereka untuk memaksimalkan hasil olahraga.

Turnamen BWF

BWF bertanggung jawab untuk mengatur olahraga bulutangkis di tingkat internasional. Ini termasuk memberikan sanksi pada kompetisi internasional, secara teratur meninjau aturan olahraga dan memiliki sistem untuk memastikan aturan dan regulasi diikuti dalam persiapan dan penyelenggaraan kompetisi internasional.

Turnamen besar BWF meliputi Kejuaraan Dunia BWF, Piala Thomas & Uber, Piala Sudirman, Kejuaraan Junior Dunia BWF, dan Kejuaraan Senior Dunia BWF. Lalu ada turnamen terbuka yang tersebar di lima benua yang kini diprogram ke dalam titel BWF World Tour.

BWF World Tour menjadi ajang yang diikuti oleh pemain-pemain unggulan dari berbagai negara. Tur ini dibagi ke dalam lima tingkatan, yaitu Super 1000 yang menawarkan hadiah minimal 1 juta dolar Amerika, Super 750 dengan hadiah minimal 750 ribu dolar Amerika, Super 500 dengan minimal hadiah 400 ribu dolar Amerika, Super 300 dengan hadiah minimal 170 ribu dolar Amerika, dan Super 100 minimal 90 ribu dolar Amerika.

Selain turnamen World Tour, BWF juga memiliki turnamen level bawah yang disebut BWF Continental Circuit. Turnamen ini biasanya diikuti oleh pemain-pemain junior dan non-unggulan.

BWF Continental Circuit dibagi ke dalam tiga kelas, yaitu BWF Intenational Challenge dengan hadiah minimal 25 ribu dolar Amerika, BWF International Series dengan hadiah minimal 10 ribu dolar Amerika, dan Future Series dengan hadiah di bawah 10 ribu dolar Amerika.

Referensi

  1. “About BWF” (dalam bahasa Inggris). bwfbadminton.com. Diakses 21 November 2020.
Tags: ,

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Sedang Trending
Menu