Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Bola basket adalah permainan yang ditemukan oleh seorang instruktur Springfield College dan mahasiswa pascasarjana James Naismith pada tahun 1891. Hingga saat ini bola basket menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.

Badan dunia yang mengatur semua hal yang berkaitan dengan olahraga bola basket adalah Fédération Internationale de Basketball (bahasa Indonesia: Federasi Bola Basket Internasional) atau disingkat FIBA yang didirikan pada 18 Juni 1932.

Induk Organisasi Bola Basket Indonesia

Sementara itu, induk organisasi bola basket di Indonesia adalah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau Perbasi. Perbasi menjadi satu-satunya badan olahraga bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga bola basket di seluruh Indonesia.

Perbasi didirikan pada 23 Oktober 1951 dan menjadi anggota FIBA sejak tahun 1953. Pada tahun 1954, Perbasi mengirimkan tim nasional pertamanya ke acara akbar Asian Games II di Manila, Filipina. Saat ini orang yang menjabat sebagai ketua umum Perbasi adalah Danny Kosasih.

Liga Bola Basket di Indonesia

Perbasi menyelenggarakan sejumlah liga bola basket di Tanah Air, baik untuk tim nasional putra maupun putri. Berikut adalah liga-liga Perbasi.

1. Indonesian Basketball League

Indonesian Basketball League (IBL) merupakan kompetisi liga bola basket profesional pria di Indonesia yang didirikan oleh Perbasi sejak tahun 2003. Bisa dibilang kalau IBL merupakan liga basket paling prestisius di Indonesia.

Saat ini IBL diikuti oleg 16 tim dari berbagai kota di Tanah Air. Satria Muda Pertamina dari Jakarta menjadi tim tersukses di IBL dengan sepuluh kemenangan.

2. Srikandi Cup

Jika IBL untuk atlet profesional pria, maka Srikandi Cup adalah kompetisi bola basket antar klub putri di Indonesia. Srikandi Cup pertama kali bergulir pada tahun 2017 dan diikuti oleh delapan klub.

Saat ini, Srikandi Cup menjadi kompetisi putri dengan yang paling tinggi di Indonesia. Selain wahana kompetisi, Srikandi Cup juga berfungsi sebagai ajang pembinaan pemain muda dan penjaringan pemain untuk Tim Nasional Indonesia.

3. Liga Mahasiswa

Liga Mahasiswa atau LIMA merupakan organisasi privat yang didirikan pada 15 Mei 2012. LIMA memiliki maksud dan tujuan untuk menciptakan wadah yang mampu menjadi tempat berkarya bagi para mahasiswa maupun mahasiswi di Indonesia di bidang olahraga, termasuk di dalamnya bola basket. Olahraga lain yang masuk dalam kompetisi LIMA adalah bulu tangkis, futsal, dan sepak bola.

4. Developmental Basketball League

Developmental Basketball League (DBL), sebelumnya bernama DetEksi Basketball League, adalah sebuah kompetisi liga bola basket pelajar SMP dan SMA terbesar di Indonesia. DBL pertama kali dimulai pada tahun 2004 di Surabaya, Jawa Timur.

Lihat Juga

Referensi

  1. About Perbasi.” Basketball Indonesia. Diakses 28 November 2021.
  2. Where Basketball was Invented: The History of Basketball.” Springfield College (dalam bahasa Inggris). Diakses 28 November 2021.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed