Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Sepak bola dimainkan di atas lapangan berbentuk persegi panjang, dengan panjang (garis sentuh) minimum 90 meter dan maksimum 120 meter dan lebar (garis goal atau gawang) minimum 45 meter dan maksimum 90 meter. Berikut adalah gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya:

Gambar lapangan sepak bola

Gambar lapangan sepak bola ini bersumber dari buku petunjuk FIFA. Kami mengubah keterangan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami. Jika gambar ini menyalahi aturan, mohon hubungi kami, dan kami akan dengan senang hati menghapusnya dari halaman ini dan database media kami.

Keterangan gambar:

  • Pengukuran dilakukan dari luar garis karena garis adalah bagian dari area yang dilingkupinya.
  • Titik penalti diukur dari titik tengah hingga tepi belakang garis gawang.

Aturan Terkait Lapangan Sepak Bola

Berikut adalah beberapa aturan terkait lapangan dan permainan sepak bola berdasarkan buku petunjuk yang dikeluarkan oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA). Informasi selengkapnya bisa dibaca di buku panduan FIFA dalam bentuk PDF (URL tertaut di bagian referensi).

Permukaan Lapangan

Lapangan permainan harus sepenuhnya alami atau, jika aturan kompetisi mengizinkan, permukaan bermain yang sepenuhnya buatan (warna permukaan buatan harus hijau), kecuali jika aturan kompetisi mengizinkan kombinasi terpadu bahan buatan dan alami (sistem hybrid).

Tanda Lapangan

Lapangan permainan harus berbentuk persegi panjang dan ditandai dengan garis-garis bersambung yang tidak boleh berbahaya; bahan permukaan bermain buatan dapat digunakan untuk penandaan lapangan di lapangan alami jika tidak berbahaya. Garis-garis ini termasuk dalam wilayah yang menjadi batasnya.

Dua garis batas yang lebih panjang adalah garis sentuh (touchline). Dua garis yang lebih pendek adalah garis gawang (goal line). Lapangan permainan dibagi menjadi dua bagian oleh garis tengah (halfway line), yang menghubungkan titik tengah dari dua garis sentuh. Tanda tengah berada di titik tengah garis tengah. Sebuah lingkaran dengan jari-jari 9,15 m ditandai di sekelilingnya.

Semua garis harus memiliki lebar yang sama, yang tidak boleh lebih dari 12 cm (5 inci). Garis gawang harus sama lebarnya dengan tiang gawang dan mistar gawang.

Dimensi

Garis sentuh harus lebih panjang dari garis gawang.

Garis sentuh:

  • minimum 90 m
  • maksimum 120 m

Garis gawang:

  • minimum 45 m
  • maksimum 90 m

Dimensi untuk Pertandingan Internasional

Garis sentuh:

  • minimum 100 m
  • maksimum 110 m

Garis gawang

  • minimum 64 m
  • maksimum 75 m

Area Gawang / Goal

Dua garis ditarik tegak lurus terhadap garis gawang, 5,5 m dari bagian dalam setiap tiang gawang. Garis-garis ini memanjang ke dalam lapangan permainan sejauh 5,5 m dan dihubungkan oleh garis yang ditarik sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah area gawang.

Area Penalti

Dua garis ditarik tegak lurus terhadap garis gawang, 16,5 m dari bagian dalam setiap tiang gawang. Garis-garis ini meluas ke dalam lapangan permainan sejauh 16,5 m dan dihubungkan oleh sebuah garis yang ditarik sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah area penalti.

Dalam setiap area penalti, titik penalti dibuat 11 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang. Sebuah busur lingkaran dengan jari-jari 9,15 m dari pusat setiap titik penalti ditarik di luar area penalti.

Area Sudut

Area sudut ditentukan oleh seperempat lingkaran dengan radius 1 m dari setiap tiang bendera sudut yang ditarik di dalam lapangan permainan.

Tiang Bendera

Tiang bendera, minimal setinggi 1,5 m, dengan bagian atas yang tidak runcing dan bendera harus ditempatkan di setiap sudut. Tiang bendera dapat ditempatkan di setiap ujung garis tengah, setidaknya 1 m di luar garis sentuh.

Gawang

Gawang harus ditempatkan di tengah setiap garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang vertikal yang berjarak sama dari tiang bendera sudut dan dihubungkan di bagian atas oleh mistar gawang horizontal.

Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari bahan yang disetujui. Bentuknya harus persegi, persegi panjang, bulat, elips atau kombinasi dari bentuk-bentuk ini dan tidak boleh berbahaya.

Jarak antara bagian dalam tiang adalah 7,32 m dan jarak dari tepi bawah mistar gawang ke tanah adalah 2,44 m. Tiang gawang dan mistar gawang harus berwarna putih dan memiliki lebar dan kedalaman yang sama, yaitu tidak boleh lebih dari 12 cm (5 inci).

Referensi

  1. “Laws of the Game.” FIFA (dalam bahasa Inggris). Diakses 23 Juni 2021. File PDF.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu