Bulu Tangkis Dunia Maju Berkat Orang Indonesia

Perkembangan bulu tangkis saat ini bisa dibilang cukup baik. Munculnya banyak atlet dengan talenta hebat dari negara-negara non tradisional bulu tangkis adalah salah satu buktinya.

Sebut saja seperti atlet tunggal putri fenomenal dari Spanyol yang berhasil memenangkan medali emas Olimpiade dan tiga kali juara dalam Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF. Lalu pada saat Olimpiade Tokyo 2020 muncul nama atlet dari negeri di Amerika Tengah, tepatnya Guatemala. Siapakah ia?

Ia adalah Kevin Cordon, atlet bulu tangkis yang sudah berusia kepala tiga namun mampu mencapai babak semifinal perhelatan bulu tangkis nomor tunggal putra di Olimpiade Tokyo. Keberhasilannya ini menyedot perhatian banyak orang di dunia bulu tangkis. Bahkan namanya sempat trending di Twitter Indonesia. Meski gagal meraih medali perunggu saat perebutan posisi tiga, prestasi Kevin Cordon ini mendapatkan banyak apresiasi, termasuk dari pemerintah di negaranya.

Kevin Cordon dan pelatihnya Muamar Qadafi saat merayakan kemenangan di Olimpiade Tokyo 2020 (gambar: RCTI+)

Di balik kesuksesan Cordon di Olimpiade Tokyo 2020 ada sosok pelatih asal Indonesia di belakang layar. Ia adalah Muamar Qadafi yang berasal dari Solo. Ia menjadi pelatih pendamping Cordon di Olimpiade Tokyo 2020.

Tidak hanya Cordon, ada banyak pemain bulu tangkis lain yang sukses menjadi hebat di bidangnya masing-masing karena bantuan tangan pelatih Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh, mari kita ke Thailand.

Dulu bulu tangkis Thailand bukan ancaman besar bagi Indonesia di Asia Tenggara. Tapi kini Thailand telah berubah setelah mereka mengangkat kepala pelatih dari Indonesia: Rexy Mainaky. Di SEA Games 2021 lalu Thailand berhasil menjadi juara umum di cabor bulu tangkis!

Selain dua negara di atas, tangan-tangan pelatih hebat Indonesia, terutama dari Keluarga Mainaky, juga berhasil membantu negara lain meningkatkan kekuatan bulu tangkis mereka. Jepang adalah contoh yang paling spektakuler karena kini mereka mampu melangkah lebih jauh dari Indonesia bahkan mampu menghancurkan dominasi China dalam bulu tangkis.

Dengan demikian, perkembangan dan kemajuan bulu tangkis di dunia tidak bisa lepas dari orang Indonesia yang mampu melahirkan banyak legenda bulu tangkis sejak lama, hingga mereka membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada atlet-atlet bulu tangkis di banyak negara di dunia.

Tags:

Postingan Terkait

39 Komentar. Leave new

  • Yayat ruhiyat
    12 Juni, 2022 5:25 AM

    Bulutangkis dunia maju dan sebaliknya bulutangkis kita ‘nyungsep’ terutama di sektor ganda putra dan nomor2 putri. Apakah faktor pelatih jg?

    Balas
    • Kalau ambil contoh Carolina Marin, itu bisa jadi bukan karena pelatih. Tetapi masalahnya ada di atlet itu sendiri. Jika Fernando Rivas bisa membuat Marin menjadk salah satu pemain terbaik dunia, mengapa sampai saat ini ia belum menemukan generasi penerus Marin di negaranya? Jadi sehebat apapun pelatih tapi atletnya yang tidak memiliki ambisi yang kuat, maka itu tidak akan bekerja dengan baik.

      Balas
    • Sepertinya nomor ganda putra kita baik-baik saja bahkan menunjukkan tren positif karena regenerasi yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dari beberapa junior yang mampu meraih gelar bergengsi pada tahun ini.
      Untuk putri, ganda putri khususnya kita masih bisa berharap pada pasangan baru yakni Apriani dan Siti Fadia. Debut mereka di Sea Games kemarin yang mana langsung membawa pulang medali emas dan hari ini mereka menjadi runner-up Indonesian Master cukup membuktikan kalau ganda putri kita masih ada sisi cerah. Apalagi banyak pasangan baru yang mulai menunjukkan kemampuan mereka.
      Harapannya adalah semoga sektor ganda putri para pemainnya semakin konsisten dan bisa bersaing dengan para pemain dunia lainnya.

      Untuk tunggal putri agaknya masih seperti timbul tenggelam. Sebab sebenarnya kita punya pemain tunggal yang masih mudah dan untuk kemampuannya juga tidak ecek-ecek.
      Seperti Gregoria dan Putri KW, serta kemarin baru saja ada atlet kita yang mengalahkan world number 1 WS Japan Akane Yamaguchi. Terlepas dari keberuntungan, Bilqis menunjukkan permainan yang cukup epik kemarin. Jadi semoga saja sektor WS kita semakin lebih baik dengan adanya perombakan latihan dan sebagainya.

      Salam

      Balas
    • puji42605@gmail.com
      12 Juni, 2022 11:32 PM

      Ganda putra melimpah nak…hebat2 pula. Ganda putri juga demikian. Sebelum komentar, cari pengetahuan dulu ya nak…

      Balas
      • Terima kasih telah berbagi informasi Kak.

        Balas
      • Baru mo blg itu… Byk prestasi MD/man double sejak awal tahun 2022 khususny pemain-pemain ganda mudaaaa regenerasi the minions dan The daddies… Mgkn mbakny gag ngikuti berita x yaaa sblm komen…

        Balas
      • Kwkwkwkwk, BUKA MATAMU YA NAK… lihatlah kenyataan di lapangan. Jgn terlalu banyak mencari pengetahuan. tapi tunjukkan prestasi.

        Balas
      • Marno susanto
        24 Juni, 2022 10:57 PM

        Mungkin yg dimaksud saudara yayat tinggal putra

        Balas
      • Penulis berita nggak bisa bedakan mana Malaysia mana Thailand, Rexy itu director pelatih negri Jiran bung, bukan Thailand…parah beritamu….
        tp India ( peraih piala Thomas pertama bg negri mereka) dan Taiwanpun tak luput dari arsitek pelatih dr Indonesia ….

        Balas
    • Ade jarang nonton bulu tangkis yah, justru ganda putra kita sedang melejit.

      Balas
    • Minum aqua dulu kang… mngkn anda lagi halu nih. Badminton kita baik2 sj, apalagi di sektor ganda putra. Sptnya anda sdh terlalu lama g prnh lihat tv ya kang

      Balas
    • Suka lihat event badminton dunia(khususnya BWF) ga de?????  10 besar dunia MD itu 3 diantara nya indonesia tuh..malah rank 1 & 2 ntu dari indo de…MS juga ada 2 di 10 besar..apa itu “nyungsep” ??? Ah, kayanya ini mh mau nyinyir aja ga da kerjaan…

      Balas
    • Yayat ruhiyat…. Anda parah pengetahuan soal badminton…. Justru ganda putra indonesia adalah ganda putra terbaik seluruh dunia karena memiliki 6 pasang ganda yg sangat di takuti ganda negara lain… Ganda putri skr juga bagus….. Anda wajib nonton perhelatan semua ajang BWF tour biar tahu peta kekuatan badminton semua sektor…….. Anda mgk hanya pernah sekali menonton 1 partai Indonesia selama ini…..

      Balas
    • Mungkin saudara Yayat baru bangun tidur nie, ganda putra kita saat ini justru luar biasa selalu mencapai partai puncak.

      Balas
    • Alhamdulillah ganda putra kita mah in Syaa Allah keren-keren…
      Yang saat ini sangat mengkhawatirkan, tunggal putra yg angin2 an dan terutama tunggal putri…
      Secara pribadi, saya merindukan duplikasi dan teh Susi Susanti, salah satu pemain favorit, semoga ada regenerasi beliau…

      Balas
    • Bukan badminton lovers ya, MD dan WD, MS kita lagi bagus terutama di WD dan MD, bahkan MD kita paling banyak masuk 10 besar dunia lho.

      Balas
    • Sektor ganda putra kita nyungsep ? Sebaiknya bpk jgn comment kl tidak tahu ! Di rumah ada TV ?

      Balas
    • yusufwidianto557@gmail.com
      27 Agustus, 2022 5:23 PM

      Terutama Ganda Putra ganda Putri Nyungsep
      Perlu Abng Pertanyakan Dek,,
      Nyungsep Ndasmu,,
      Justru Ganda Putra Stok Banyak
      Ganda Putri msh Proses duet Apriyani.
      Ganda Campuran ,Tunggal Putri tunggal putra Bru Bsa kmu katakan nyungsep ???
      Hobi boleh Tolol Kok kbngetan Cil Bocill,

      Balas
    • Ganda putra nyungsep?

      Balas
  • Untuk jadi juara dunia memang harus booming dulu , maksudnya di setiap wilayah … banyak orang bermain badminton …tapi yang saya tahu di setiap lapangan badminton selalu bermain ganda putra melulu…putri gak pernah ada …maka hasilnya adalah ganda putra selalu jadi juara dunia dan peringkat juga selalu nomor satu …

    Balas
  • Indonesia memang pengeksport pelatih tingkat dunia… Baik untuk tingkat pemula maupun tingkat profesional sehingga perkembangan badminton dunia berkembang pesat dalam dua dekade ini….
    Hal ini bagus karena pertandingan badminton semakin menarik tidak didominasi satu negara saja.
    Ini tantangan sendiri utk atlet Indonesia yg harus terus berbenah diri ….

    Balas
  • Sektor tunggal putra agak mengkhawatirkan setelah ditinggalkan oleh pelatih kepala pak Hendri Saputra. Usul kepada Pengurus PBSI agar pak Djoko Suprianto diangkat kembali jadi pelatih tunggal putra senior.

    Balas
  • Darmansius Purba
    24 Juni, 2022 9:23 AM

    Pelatih bulutangkis indonesia telah ready semua. hanya kondisi fisik atlet bulutangkis yang perlu dibenahi. Mulai sekarang perlu membenahi dengan merekrut tunggal putra/i dan ganda putra/i dengan mengikuti perkembangan pemain bulutangkis di zaman now 2022 sbb : 1. Rekrutlah tinggi badan seperti finalis denmark, tinggi melebihi net, jangkau tangan panjang bisa menangkis pengembalian bola kiri kanan sesuai lebar lapangan, kaki panjang bisa akses langkah panjang lebih cepat berbalik arah dari belakang lapangan ke depan menggapai pengembalian bola depan net.
    2. Porsi badan proporsi badan atas dan badan bawah langsing padat berisi
    3. Pemain umur 18 tahun ,saat bertanding sudah matang dengan melalui porsi latihan fisik seperti senam, balet, lompatan seperti pencak silat,biar seperti penari balet yang lentur di lapangan. lompat kesana kemari, biar urat dan ototnya kalau ketarik tidak keram. dan latihan renang , biar tarikan nafasnya lebih bagus dan biar tidak cepat lelah, terakhir latihan pernapasan seperti yoga supaya konsentrasi diri lebih fokus sebelum bertanding.
    3. Latihan Skill tentu Pelatih Indonesia sudah hebat.
    4. Semoga Tunggal, dan Ganda putra/i Indonesia sukses jadi finalis di kemudian hari masa periode 2022 sampai seterusnya . Sukses Bulutangkis Indonesia. Amin

    Balas
  • Darmansius Purba
    24 Juni, 2022 9:53 AM

    Untuk kemajuan jadi Finalis turnamen bulutangkis masa depan periode 2022 dan seterusnya, seomga PBSI merekrut atlit dengan memasukkan kriteria dan porsi latihan untuk mendukung gerakan bermanuver lopat ke kiri dan kekanan lapangan bulutangkis sbb :
    1. Rekrutlah atlet tinggi badan seperti finalis Denmark di Master dan Indonesia open, dengan kriteris umur 18 tahun yang menunjang gerakan di lapangan sbb:
    a. Tangan .
    Jangkauan tangan panjang bisa
    mengembalikan bola lebih cepat ke
    sisi samping kiri kanan lapangan
    b. Kaki.
    Jangkauan Kaki Panjang bisa akses
    lebih cepat bila berbalik kembalikan
    bola dari sisi kiri kanan belakang
    lapangan menuju bola sisi kiri kanan
    lapangan depan net
    c. Badan
    Proporsi badan tidak gemuk tapi
    langsing seperti badan sixpack
    d. latihan senam, balet dan renang
    biar lompatan lentur di lapangan
    seperti penari dan tarikan nafas
    lebih panjang.

    Balas
  • Semua Komentar tentang Batminton sangat baik, memang benar adanya beberapa dekade ini Perkembangan  Bulu Tangkis/Tepak Bulu ini SDH mendunia hanya beberapa Negara di Asia Tenggara yang tidak ikut ajang ini. hanya saja beberapa sektor yang perlu di perbaiki terutama Ganda Campuran dulu Juara All Enggland Mas Tantowi dan Mbak Lilyana Natsir belum tergantikan dan Tunggal Putra dan Putri yang SDH bagus hanya karena Rivalitas seperti seperti China, Denmark, Tailand dll sehingga belum terlihat maksimal. semoga PBPSI semakin berbenah majulah terus Batminton Indonesia.

    Balas
  • Yuyum Hidayati
    11 Juli, 2022 9:38 PM

    Maju terus badminton Indonesia

    Balas
  • Yaya sumarya
    19 Juli, 2022 12:13 PM

    Yang menurut saya memprihatinkan di sektor tunggal putri. Setelah zamannya Susi Susanti  blm ada lagi yg seperti dia.

    Balas
  • Untuk atlet indonesia khususnya tunggal putri blm ada peningkatan setelah susisanti.. klo selebihnya udh oke lah butuh mental kuat fisik kuat dan pejuang keras untuk menjadi seorang atlit yg sempurna..

    Balas
  • Sektor ganda putra kita nyungsep ? Sebaiknya bpk jgn comment kl tidak tahu ! Di rumah ada TV ? Atau bpk tinggal nya di Hutan ?

    Balas
  • Biarkan pelatih2 kita bergeriliya disemua negara biar badminton negara lain makin maju…karena kalo cuma didominasi indonesia panitia olimpiade akan menutup cabor badminton karena sdh tahu juaranya siapa dan dianggap tidak menantang bagi negara lain di cabor badminton seperti kejadian 2012 hampir badminton dihapus karena all winner china….makanya skrng bersyukur kekuatan merata jdi lebih seru

    Balas
  • Jati Kusuma Agung
    25 Agustus, 2022 12:17 AM

    Single women perlu ditingkatkan. Misal terlalu mengandalkan ganda putri saja. Hasilnya gak maksimal. Sejak era Susi Susanti belum ada lagi penerus yg punya prestasi bagus

    Balas
  • Upik Yatini Supriyatun
    14 September, 2022 3:26 PM

    Yg nmanya up n down dlm dunia OR itu hal yg biasa sbb tuk mempertahankan prestasi juara itu tdk mudah..tp hrs kita apresiasi juara2 badminton Indonesia itu selalu hadir meski skr yg bnyk muncul di sektor ganda putra bhkan regenerasinya jg ckup solid termasuk pra pelatih ganda putra Indonesia yg skr bnyak diambil olh LN. Dr th 70-80 Indonesia bs smp nguasai bnyk sektor, blm ada yg bs kalahkan prestasi Rudy Hartono yg smp 8x berturut mnjuarai semu turnamen dunia di sektor tunggal putra, bgitu jg dg liem swiking dll

    Balas
  • Penulis berita nggak bisa bedakan mana Malaysia mana Thailand, Rexy itu director pelatih negri Jiran bung, bukan Thailand…parah beritamu….
    tp India ( peraih piala Thomas pertama bg negri mereka) dan Taiwanpun tak luput dari arsitek pelatih dr Indonesia ….

    Balas
  • Bagi saya mereka pengkhianat bangsa demi duit mereka me jadikan indobesia hancur pemain bulutangkisnya klo saya jd ptesiden akan saya cabut WNI pelatih pengkhianat bangsa tinggalkan negaranya yg sdh miskin prestasi demi duit ..mudah2an pengkhianat itu gak kembali ke indonesia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed