Yonex

« Back to Glossary Index

Yonex adalah perusahaan manufaktur peralatan olahraga asal Jepang. Yonex didirikan oleh Minoru Yoneyama pada tahun 1946.

Yonex memproduksi peralatan dan pakaian olahraga untuk bulu tangkis, tenis, golf, dan lari. Kini produk-produk Yonex telah tersebar ke berbagai negara di dunia.

Sejarah

Minoru Yoneyama adalah seorang pembuat pelampung kayu untuk jaring ikan. Usaha kerajinan kayunya berkembang pesat. Namun kehadiran pelampung plastik sebagai hasil dari kamajuan teknologi memaksa perusahaanya keluar dari bisnis.

Pada tahun 1946, tepat setelah berakhirnya Perang Dunia II, ia mendirikan Yoneyama Company, Ltd. Tidak ingin masa lalunya berulang, ia bersumpah untuk tidak pernah ketinggalan teknologi dan berkomitmen untuk terus berinovasi dalam upaya di masa depan.

Pada tahun 1957, Yoneyama Company berkembang menjadi manufaktur raket bulu tangkis sebagai produsen peralatan asli (OEM) untuk merek raket Sanbata. Namun, itu hanya bertahan selama empat tahun karena Sanbata mengalami kebangkrutan pada tahun 1961.

Saat itu Yoneyama dihadapkan pada dua pilihan: menerima dan tidak akan ada bulu tangkis atau lanjut untuk mengembangkan mereknya sendiri. Ia pun memilih berani untuk tetap lanjut.

Lagi-lagi masalah menimpa Minoru Yoneyama. Pada tahun 1963 Markas Manufaktur Yoneyama terbakar. Yoneyama tidak menyerah. Di tengah situasi sulit tersebut ia mendirikan Yoneyama Sports Co., Ltd untuk memproduksi raket bermerek Yoneyama.

Yoneyama hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk membangun kembali pabriknya. Ia juga memperluas bisnisnya ke Amerika Serikat dan Eropa. Saat ini, produk-produk Yonex telah tersebar ke berbagai belahan dunia dan menjadi salah satu pemain terkemuka di industri.

Berikut adalah linimasa lainnya:

  • 1965: Pabrik Yoneyama di Tokyo mulai membuat kok.
  • 1968: Yonex mengembangkan T-Joint pertama di dunia, yang menghasilkan raket bulutangkis aluminium pertama di Jepang.
  • 1969: Yonex memasuki industri Tenis dengan membuat raket aluminium T-7000.
  • 1973: Logo “YY Yoneyama” diperkenalkan.
  • 1978: Raket bulu tangkis pertama dengan berat di bawah 100 gram diperkenalkan, dengan nama B-8500 and Carbonex 8.
  • 1980: Yonex memperkenalkan Isometric, teknologi raket berbentuk kotak yang ikonik.
  • 1998: Yonex mengubah logonya menjadi logo YY Yonex saat ini.

Hingga saat ini Yonex terus berkembang dan berinovasi hingga menjadikannya sebagai salah satu manufaktur raket bulu tangkis dan tenis terkemuka di dunia. Tidak hanya itu, Yonex juga memproduksi sendiri tongkat golf, papan seluncur salju, sepeda jalan raya, tali tenis dan bulu tangkis, dan banyak lagi.

Selama bertahun-tahun, Yonex telah belajar bahwa “situasi terberat menciptakan peluang terbesar” – dan semangat ini dijalankan dalam misinya untuk memperkaya dunia dengan olahraga melalui produk-produk berkualitas tinggi.

Logo Saat Ini

Logo Yonex