Astec

« Back to Glossary Index

Astec adalah merek peralatan olahraga asal Indonesia. Astec yang merupakan singkatan dari “Alan Susi Technology” didirikan oleh dua legenda bulu tangkis asal Indonesia peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, yaitu Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma.

Profil

Industri Peralatan olahraga
Didirikan 2003
Pendiri Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti
Produk Raket, sepatu, apparel, aksesoris, dll
Manufaktur PT Astec Asia Adiperkasa

Sejarah

Tahun 1992 adalah sejarah bagi dunia olahraga Indonesia. Pada saat itu di Olimpiade Barcelona Indonesia berhasil memenangkan medali emas pertama dari cabang olahraga bulu tangkis lewat Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti di nomor tunggal putra dan tunggal putri.

Karena pencapaian tersebut, Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti meraih penghargaan Bintang Jasa dari pemerintah Republik Indonesia karena berjasa luar biasa terhadap nusa dan bangsa pada bidang atau peristiwa atau hal tertentu di luar bidang militer.

Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti yang kini menjadi pasangan suami istri mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur peralatan olahraga, khususnya bulu tangkis. Perusahaan tersebut bernama PT Astindo Jaya Sport yang dibentuk pada tahun 2003 dengan merek dagang Astec.

Logo

Logo Astec

Produk

Awalnya PT Astindo Jaya Sport hanya memproduksi peralatan bulu tangkis, seperti raket dan sepatu bulu tangkis. Kini produknya lebih dari itu. Ada apparel olahraga, sepatu lari, aksesoris, dll.

Pada Juli 2018, Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk dengan membentuk perusahaan baru bernama PT Astec Asia Adiperkasa.

Temukan produk Astec di Shopee

Temukan produk Astec di Tokopedia

Referensi

  1. Julianto, Pramdia Arhando (1 Agustus 2017). “Cerita Alan Budikusuma dan Susi Susanti Jatuh Bangun Berbisnis Setelah Gantung Raket.” Kompas. Diakses 8 November 2021.
  2. PT Astec Asia Adiperkasa.” Cemplung.com. Diakses 8 November 2021.
  3. Saputra, Admiraldy Eka (8 Juli 2021). “Astec, Kontribusi Susi Susanti dan Alan Budikusuma untuk Bulu Tangkis Indonesia.” Sportstars.id. Diakses 8 November 2021.