Bola dalam permainan bulu tangkis disebut?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Bola dalam permainan bulu tangkis disebut?


Bola adalah sebuah medium yang identik dengan banyak olahraga dan permainan. Bola berbentuk bulat atau bulat telur dan dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti kulit, karet, dan sintetis.

Tergantung olahraga dan permainan yang dimainkan, bola dapat dimainkan dengan cara dilempar (contoh: bola basket), dipukul (contoh: bola voli), atau ditendang (contoh: sepak bola).

Bola dalam bulu tangkis

Berbeda dari kebanyakan olahraga dan permainan, bola dalam permainan bulu tangkis yang disebut kok (bahasa Inggris: shuttlecock atau birdie) tidak bulat atau bulat telur, melainkan berbentuk kerucut terbuka (bahasa Inggris: open conical shape).

Menurut BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia), kok harus terbuat dari bahan alami dan / atau sintetis. Dari bahan apapun kok dibuat, karakteristik terbang umumnya harus serupa dengan yang dihasilkan oleh kok berbulu alami dengan basis gabus yang dilapisi oleh lapisan kulit tipis.

Berikut adalah aturan kok seperti tertera dalam hukum permainan bulu tangkis yang dikeluarkan oleh BWF (untuk kok bulu asli).

  • Kok harus memiliki 16 bulu yang dipasang di basis.
  • Bulu-bulu harus memiliki panjang seragam antara 62 mm sampai 70 mm bila diukur dari ujung ke atas basis.
  • Ujung bulu terletak pada lingkaran dengan diameter dari 58 mm hingga 68 mm.
  • Bulu harus diikat kuat dengan benang atau bahan lain yang sesuai.
  • Basis harus berdiameter 25 mm hingga 28 mm dan dibulatkan di bagian bawah
  • Kok harus memiliki berat dari 4,74 hingga 5,50 gram.

Untuk kok non-bulu atau sintetis, sebagian besar aturannya sama dengan yang tertulis di atas. Namun, karena perbedaan dalam berat jenis dan sifat lain dari bahan sintetis dibandingkan dengan bulu, variasi hingga 10 persen dapat diterima.


Dari bahasan singkat di atas, jawaban paling tepat untuk pertanyaan “Bola dalam permainan bulu tangkis disebut?” adalah kok.

Referensi

  1. Ball.” Encyclopaedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021.
  2. “Laws of Badminton.” BWF (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021. File PDF.
Tags:

Lihat juga