8 Cara Membedakan Raket Victor Asli dan Palsu

Halo sobat bulutangkis, kali ini Sportlogi akan membahas bagaimana caranya mengenali raket Victor asli dengan mudah. Ayo baca seluruh isi bahasan ini agar nantinya lebih nyaman saat hendak membeli raket Victor.

Victor adalah salah satu brand bulutangkis terbesar di dunia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1968 di Taipei, Taiwan. Saat ini produk-produk Victor sudah dapat ditemui di lebih dari 60 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Pada produk raketnya, Victor tidak hanya melakukan pengembangan dari segi bahan, teknologi dan kualitas produk, tetapi juga menekankan pentingnya hak konsumen. Sejak tahun 2011 semua raket Victor memiliki spesifikasi laser code atau stiker spesifikasi yang menyediakan informasi detail sebuah raket.

Berikut ini adalah beberapa cara membedakan raket Victor asli dan palsu.

1. Kode ID Raket

beda raket victor asli dan palsu

Victor menyebutkan kalau raket Victor asli yang dipasarkan di Indonesia memiliki kode awal ID…, dengan format awalan 3 huruf dan 7 angka. Sehingga di luar kode awalan ID bisa dipastikan barang tersebut palsu.

beda raket victor asli dan palsu

Setiap raket memiliki kode ID raket sendiri yang berbeda satu sama lain. Kode ini ditampilkan di bagian bawah shaft, yang merupakan kode eksklusif dari masing-masing raket.

Untuk menghindari pembelian produk palsu, serta menjamin keaslian raket, Victor menyarankan untuk mengecek nomor ini dengan hati-hati.

2. Stiker Hologram

beda raket victor asli dan palsu

Sebagaimana produk lainnya, Victor juga memberikan stiker hologram pada semua produk raket mereka. Permukaan stiker hologram pada raket Victor asli akan mengalami perubahan label di bawah satu atau beberapa sumber cahaya. Jika diamati dalam beberapa saat, kamu bisa melihat permukaan logo Victor meluas secara bertahap.

3. ID Raket Terukir Rapi

ID pada raket asli Victor terukir dengan rapi, sedangkan pada raket palsu terukir dengan tulisan yang samar tercetak dan tidak memiliki ciri format ID raket original sebagaimana sudah dijelaskan di poin awal.

4. Kode Laser

Pada bagian cone untuk spesifikasi berat raket yang asli tertulis dengan laser code yang jelas dan rapi serta berada pada posisi tengah. Sementara itu, tulisan pada produk tiruan terlihat kasar serta samar dengan posisi cetakan kurang beraturan.

5. Painting

Victor menyebutkan kalau produk raket mereka secara umum dikerjakan beriringan dengan menjaga kualitas produk. Gambar di atas menunjukkan kalau raket Victor original memiliki kilau yang lebih halus dan terang dan terlihat bias mutiara.

Sedangkan pada raket tiruan secara kualitas jauh dari kata baik, sehingga terlihat lebih pucat. Selain itu, raket tiruan memiliki kualitas cat yang buruk, terlihat cat yang kurang pekat.

6. Panjang Poros

Panjang poros atau shaft raket juga bisa dijadikan cara untuk mengenali raket asli Victor. Seperti yang Victor katakan, mereka selalu melakukan pengembangan dari segi bahan, teknologi dan kualitas produk setiap produk raket diteliti sehingga memiliki karakter masing-masing dengan pertimbangan banyak faktor

Dalam perbandingan pada gambar di atas terlihat kalau shaft raket palsu lebih pendek dari raket Victor original. Hal ini tentu saja mempengaruhi rasa dari raket tersebut. Selain menggeser keseimbangan dari raket juga mengurangi kenyamanan genggaman pada raket saat melakukan pukulan.

7. Panjang / Lebar Frame

Seperti pada penjelasan sebelumnya, panjangnya setiap bagian raket menentukan karakter setiap raket. Pada gambar di atas terlihat bahwa frame atau rangka raket tiruan memiliki panjang yang lebih dari raket aslinya.

8. Cover Raket

Cover raket Victor asli memiliki kualitas cetak yang bagus. Hal yang sebaliknya terjadi pada cover raket tiruan yang tercetak pudar.

Referensi

  1. Kenali Ciri Raket Victor Original“. id.victorsport.com. Diakses 7 November 2020.
Tags: ,

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Sedang Trending
Menu