Apa yang dimaksud dengan permainan bulu tangkis?

Selamat datang di fitur tanya jawab seputar olahraga dari Sportlogi. Pertanyaan kali ini adalah “Apa yang dimaksud dengan permainan bulu tangkis?


Bulu tangkis adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF melaporkan bahwa lebih dari 300 juta di dunia bermain bulu tangkis secara reguler.

Indonesia adalah salah satu negara di mana bulu tangkis sangat populer. Ada banyak pemain hebat yang berasal dari Indonesia, salah satunya adalah Rudy Hartono yang berhasil mencetak rekor pemenang All England 8x di nomor tunggal putra.

Apa itu bulu tangkis?

Bulu tangkis adalah olahraga raket yang dimainkan menggunakan raket untuk memukul kok melewati net atau jaring dan mendaratkannya di area bermain lawan. Bulu tangkis dimainkan di atas lapangan berbentuk persegi panjang, di dalam maupun luar ruangan.

Permainan bulu tangkis memiliki lima nomor, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Ukuran lapangan untuk permainan tunggal dan ganda berbeda. Selengkapnya baca di sini: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis.

Perlengkapan bulu tangkis

Perlengkapan utama permainan bulu tangkis adalah raket yang dipasangi senar, kok, dan jaring. Untuk pertandingan kompetitif, sepatu menjadi perlengkapan wajib lainnya.

Raket tradisional bulu tangkis terbuat dari kayu, sedangkan raket modern terbuat dari aluminium dan logam ringan lainnya serta yang populer saat ini adalah dari bahan komposit serat karbon.

Untuk kok, bahan yang umum dan berkualitas terbaik adalah bulu angsa. Namun kini telah berkembang kok dari bahan sintetis dan plastik.

Asal-usul bulu tangkis

Tidak jelas dari mana bulu tangkis modern yang kita kenal sekarang berasal. Namun banyak yang beranggapan bahwa bulu tangkis berasal dari India. Permainan serupa bulu tangkis bernama “poona” berkembang di India pada abad ke-19 hingga peraturan permainan bulu tangkis pertama dibuat di sana.

Di sisi lain, bulu tangkis disebutkan sebagai hasil evolusi dari permainan battledore and shuttlecock yang sudah ada sejak beberapa abad yang lampau dan populer di kalangan anak-anak Eropa.

Lebih jauh dari itu, permainan tersebut berakar dari permainan dengan kok yang telah berkembang ribuan tahun yang lalu di Tiongkok dan negara-negara Asia lainnya. Cek bahasan “Permainan bulu tangkis berasal dari negara?” untuk informasi lebih lanjut tentang asal-usul bulu tangkis.

Referensi

  1. Badminton.” Wikipedia (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021.
  2. “BWF Major Events – Bid Document 2.” BWF (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021. File PDF.
  3. Hinder, Geoff. “The Game of Battledore and Shuttlecock.” National Badminton Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021.
  4. World Mental Health Day: Why Badminton Is Good For You.” BWF (dalam bahasa Inggris). Diakses 10 Oktober 2021.
Tags:

Lihat juga