Disc Selected Item Up to 50%
Free Ongkir Min. Pembelian 200.000

Alat Pemukul dalam Tenis Meja

Alat pemukul dalam tenis meja dikenal dengan nama bet, juga secara umum disebut raket tenis meja. Tidak seperti olahraga raket lain seperti bulu tangkis dan tenis yang umumnya terbuat dari bahan metal, raket tenis meja atau ping pong sebagian besar terbuat dari material kayu yang dilapisi karet serta tidak memiliki senar.

Parameter Raket Tenis Meja

Parameter raket tenis meja telah ditentukan oleh ITTF (International Table Tennis Federation, bahasa Indonesia: Federasi Tenis Meja Internasional), selaku induk organisasi olahraga tenis meja dunia. Menurut Buku Pegangan ITTF 2021, berikut adalah parameter raket tenis meja:

  • Raket bisa dari berbagai ukuran, bentuk atau berat tetapi bilahnya harus rata dan kaku.
  • Setidaknya 85% dari ketebalan bilah (blade) harus dari kayu alami; lapisan perekat di dalam bilah dapat diperkuat dengan bahan berserat seperti serat karbon, serat kaca atau kertas terkompresi, tetapi tidak boleh lebih tebal dari 7,5% dari total ketebalan atau 0,35 mm, mana yang lebih kecil.
  • Sisi mata bilah yang digunakan untuk memukul bola harus dilapisi dengan karet berbintik biasa, dengan bintik ke arah luar dengan ketebalan total termasuk perekat tidak lebih dari 2,0 mm, atau karet sandwich, dengan bintik ke dalam atau ke luar, yang memiliki ketebalan total termasuk perekat tidak lebih dari 4,0 mm.
    • Karet berbintik biasa adalah satu lapis karet non-seluler, alami atau sintetis, dengan bintik yang tersebar merata di permukaannya dengan kepadatan tidak kurang dari 10 per cm² dan tidak lebih dari 30 per cm².
    • Karet sandwich adalah satu lapisan karet seluler yang dilapisi dengan satu lapisan luar karet berbintik biasa, ketebalan karet berbintik tidak lebih dari 2,0 mm.
  • Bahan penutup harus memanjang sampai tetapi tidak melebihi batas mata bilah, kecuali bagian yang paling dekat dengan gagang dan yang dipegang oleh jari boleh dibiarkan terbuka atau ditutupi dengan bahan apapun.
  • Bilah, setiap lapisan di dalam bilah dan setiap lapisan bahan penutup atau perekat pada sisi yang digunakan untuk memukul bola harus menerus dan dengan ketebalan yang merata.
  • Permukaan bahan penutup pada satu sisi bilah, atau sisi bilah jika dibiarkan tidak tertutup, harus matt, merah terang di satu sisi dan hitam di sisi lain.
  • Penutup raket harus digunakan tanpa perlakuan fisik, kimia atau lainnya.
    • Sedikit penyimpangan dari kontinuitas permukaan atau keseragaman warna karena kerusakan atau keausan yang tidak disengaja dapat diizinkan asalkan tidak mengubah karakteristik permukaan secara signifikan.
  • Sebelum pertandingan dimulai dan setiap kali dia mengganti raketnya selama pertandingan, seorang pemain harus menunjukkan kepada lawannya dan wasit raket yang akan dia gunakan dan mengizinkan mereka untuk memeriksanya.

Komponen Raket Tenis Meja

Sebuah raket tenis meja umumnya terdiri dari lima komponen, yaitu bilah, pegangan, grip, spons, dan karet. Komponen-komponen raket tenis meja bisa bervariasi satu sama lain, sehingga memungkinkan pemain menyesuaikan raket sesuai keinginan mereka.

Bagi seorang pemain tenis meja profesional, ada tiga komponen raket yang penting untuk dipertimbangkan agar dapat memenuhi keterampilan permainan terbaik mereka. Ketiga komponen tersebut adalah bilah, karet, dan lem / perekat. Ya, perekat pada raket tenis meja bisa berpengaruh terhadap pukulan yang dihasilkan.

1. Bilah

Kayu adalah komponen utama dari bilah raket. Namu, bilah juga dapat dibuat dari material lain seperti serat karbon dan bahan sintetis lainnya. Komposisi bilah akan memengaruhi kecepatan raket, kontrol raket, dan karakteristik lain yang akan bergantung pada preferensi pribadi pemain itu.

2. Karet

Karet dipasang di kedua sisi raket. Ada juga raket yang hanya membutuhkan karet hanya di satu sisi saja. Karet dipilih berdasarkan karakteristik setiap lembaran karet dan juga dapat disesuaikan dengan gaya pemain. Ada banyak variasi dalam karet yang dapat sangat mempengaruhi putaran, kecepatan, dan kontrol.

3. Lem

Pemain tingkat rekreasi mungkin mengacuhkan bagian ini. Namun lem yang merekatkan karet ke bilah bisa menjadi penting bagi pemain profesional.

Lem dan proses penyambungan karet ke bilah penting untuk memastikan permukaan yang konsisten untuk memukul bola, dan juga untuk melindungi peralatan karena sebagian besar pemain turnamen sering mengganti karet, seperti halnya pemain bulu tangkis turnamen mengganti senar pada raket bulu tangkis.

Lihat Juga

Referensi

  1. Beginners Guide to Choosing a Table Tennis Racket.” Yumo Pro Shop (dalam bahasa Inggris). Diakses 16 Agustus 2021.
  2. “ITTF Handbook 2021.” ITTF (dalam bahasa Inggris). Diakses 16 Agustus 2021. File PDF.
  3. The 3 Components of an Elite Table Tennis Paddle.” Butterflyonline.com (dalam bahasa Inggris). Diakses 16 Agustus 2021.
Tags:

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu